Advertisement

2020, Bakal Dibangun Museum Digital Sejarah Sleman

Yogi Anugrah
Kamis, 29 November 2018 - 22:50 WIB
Bhekti Suryani
2020, Bakal Dibangun Museum Digital Sejarah Sleman Ilustrasi museum - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ayu Laksmi Dewi Tri mengatakan pada 2020 nanti akan dibangun museum sejarah digital tentang perjalanan sejarah Sleman.

"Diharapkan 2020 sudah DED, kami juga berkoordinasi dengan OPD [Organisasi Perangkat Daerah] lainnya untuk mengurus lahan dan masalah teknisnya," katanya pada Kamis (29/11/2018).

Advertisement

Lebih lanjut, ia menambahkan saat ini pihaknya sedang menyusun story line tentang perjalanan sejarah Sleman sebagai bahan dasar untuk pembuatan diorama, yang nantinya akan mengisi museum sejarah Sleman tersebut. Story line ini nantinya akan dipresentasikan kepada Bupati Sleman.

"Adanya museum ini nantinya menjadi penting untuk memberikan infomasi kepada generasi yang akan datang mengenai sejarah Sleman, Sleman hari ini adalah berkat sejarah masa lalu," ungkapnya.

Terkait dengan dana yang digunakan untuk pembangunan museum, ia mengaku belum bisa memastikan, sebab saat ini sedang dalam proses mencari lahan yang strategis, mudah dijangkau, dan bisa menarik banyak minat pengunjung.

"Museum ini nantinya juga bisa menjadi aset ekonomi dan pariwisata," ujarnya

Sementara itu, Penasihat tim pembuatan story line Profesor Djoko Suryo mengungkapkan museum sejarah digital dibuat untuk menarik golongan muda yang tidak terlalu suka dengan museum yang konvensional, yang hanya memamerkan artefak-artefak.

"Jadi nanti di museum dilengkapi dengan diorama teknologi digital. Tinggal ditekan sudah keluar gambarnya. Jadi tidak melalui buku, tapi melalui digital," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, nantinya dalam diorama tersebut akan ada penyajian mengenai materi tentang sejarah Kabupaten Sleman yang didasari dengan sumber-sumber sejarah.

"Contohnya seperti Sleman kapan mulai ada, kondisi dan profilnya hingga para pengelola kabupaten yaitu periode para bupati-bupatinya, serta bagaimana pembangunan di Sleman," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement