Advertisement

Jadi Aparatur Sipil Negara Harus Bekerja Keras

Uli Febriarni
Kamis, 29 November 2018 - 22:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Jadi Aparatur Sipil Negara Harus Bekerja Keras Niken Probo Laras - Harian Jogja/Dokumen

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Niken Probo Laras merupakan orang nomor satu di Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo. Ia punya prinsip yang ia pegang kala memimpin. Sebagai seorang pegawai negeri sipil, seseorang harus bekerja sungguh-sungguh.

Niken dengan tegas mengulang-ulang pernyataan bahwa menjadi seorang ASN harus bekerja dengan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat. Baginya, seseorang yang bekerja dan digaji dengan uang rakyat harus fokus berkarya demi masyarakat.

Advertisement

"Kalau saya menganggap kerja itu ibadah. Saya kerja harus all out sebisa dan semampu saya, digaji pemerintah tidak bisa seenaknya kerja. ASN digaji untuk kerja bagi kesejahteraan rakyat," ujarnya, Kamis (29/11/2018).

Perempuan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perdagangan ini membakar motivasi diri dalam bekerja dengan cara terjun langsung ke berbagai kesempatan. Cara itu juga ia lakukan untuk menunjukkan pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat dan pelaku wisata di Kulonprogo. Contohnya, seperti yang belum lama ini ia lakukan dengan turut berpartisipasi menari dalam Sendratari Sugriwa Subali di Gua Kiskendo, Sabtu (24/11/2018).

Dalam pergelaran seni budaya yang dilaksanakan Dispar bekerja sama dengan Jogja Pro itu, Niken ikut naik panggung mendampingi Direktur Badan Otorita Borobudur dan seorang ASN Dispar Kulonprogo lainnya, Endah Supeni, di atas panggung. Niken yang di masa muda kerap menjuarai kompetisi tari ini berperan menjadi pendamping Dewi Tara.

Niken mengaku memiliki banyak tujuan yang membuatnya ikut tampil di sana, salah satunya ingin mengangkat citra Dispar Kulonprogo sebagai rekan masyarakat dalam membangun pariwisata Kulonprogo. "Kami ikut mempromosikan budaya Kulonprogo, bukan hanya menyuruh warga untuk mempromosikan. Saya ikut menari karena saya ingin all out demi pariwisata," ujarnya.

Kendati hanya melenggok beberapa menit saja, Niken merasa senang bisa ikut menari dalam sendratari tersebut. Penampilannya bersama Dirut BOB diharapkan, menjadi satu bentuk sinergi awal antara Pemkab Kulonprogo dan BOB dalam membangun pariwisata.

Ditemui di ruang kerjanya, Niken mengaku bersyukur apa yang ditampilkan dalam sendratari kala itu merupakan bentuk pertunjukan yang atraktif dan komunikatif dengan wisatawan. Itu menjadi satu bentuk daya jual baru dan inovasi dari pelaku wisata setempat.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement