Advertisement

Membaca Perluas Sosialisasi

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 01 Desember 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Membaca Perluas Sosialisasi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, Monika Nur Lastiani saat menjadi narasumber dalam Road Show Minat Baca di Balai Desa Wijimulyo, Kecamatan Girimulyo, Jumat (30/11/2018). (Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara)

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-Membaca tidak hanya menambah ilmu pengetahuan, tapi juga memperluas pergaulan di masyarakat. 

Hal itu dikatakan Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, Monika Nur Lastiani dalam Road Show Minat Baca di Balai Desa Wijimulyo, Kecamatan Girimulyo, Jumat (30/11/2018).

Advertisement

"Saat kita banyak membaca apapun itu baik koran, majalah dan literatur lainnya akan meningkatkan ilmu yang dimiliki, ini berdampak pada rasa percaya diri kita di masyarakat, sebab kita nanti tidak akan ragu saat diajak ngobrol karena dengan banyak ilmu mau ngobrol apapun topiknya bisa nyambung," ucap Monika.

Monika mengibaratkan orang yang banyak membaca seperti orang yang berkantong tebal dalam artian banyak uang. Walhasil untuk pergi kemanapun orang tersebut tidak akan ragu lantaran sudah memiliki persedian. Begitupun dengan orang gemar membaca, maka kepalanya akan penuh dengan ilmu pengetahuan.

"Nah kalau isi kepala juga banyak dengan wawasan dari membaca itu pastinya kita juga akan percaya diri dalam bergaul dengan siapapun karena punya banyak bahan obrolan, nah itu sebabnya saya tekankan yuk kita membaca," ucapnya.

Namun untuk mewujudkan hal itu perlu kesadaran masyarakat. Diakui Monika hingga saat ini minat membaca di Indonesia masih rendah. Diketahui Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara merujuk peringkat literasi internasional oleh Central Connectitut State University pada 2016. Sementara di survey Unesco mencatat minat baca masyarakat Indonesia sekitar 0,0001 persen.

"Artinya dari seribu orang hanya ada satu yang membaca," ucapnya.

Melihat hal itu, Monika menekankan kebiasaan membaca harusnya dijadikan sebagai sebuah gaya hidup dan kebutuhan bagi setiap orang. "Kalau mindset kita jadikan membaca itu kebutuhan maka kita akan terus ingin membaca, ini yang perlu masyarakat lakukan," ujarnya.

Menyoal kegemaran membaca bisa membantu kehidupan sosial juga dikatakan Wakil Ketua Komisi D DPRD DIY, Nur Sasmito yang turut hadir sebagai narasumber di kegiatan Road Show Minat Baca tersebut. Menurutnya orang yang gemar membaca akan lebih terlihat menonjol saat berkumpul dan berdiskusi. Hal ini lantaran luasanya wawasan yang dimiliki.

"Ya kita jadi akan lebih tau banyak hal dan punya bahan obrolan tidak hanya dari satu topik tapi bermacam-macam," ujarnya.

Dengan membaca lanjut Nur, maka yang bersangkutan akan selalu memiliki info-info terbaru. Info ini jika itu penting akan sangat berguna bagi orang lain yang belum tahu.

Maka dari itu kegemaran membaca perlu dibudayakan. Melalui kegiatan Road Show Minat Baca inilah BPAD DIY bekerjasama dengan DPRD DIY berupaya menumbuhkan minat baca di masyarakat.

"Ya kami terus berusaha membudayakan membaca di masyarakat agar aktivitas ini [membaca] bisa lestari dan mampu membawa kesejahteraan masyarakat," ucap Nur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement