Ciptakan Generasi Gemar Baca Tak Bisa Instan

Kabid Program BPAD DIY Agnes Riyanti Dewantari (kanan) hadir sebagai pemateri dalam Roadshow Minat Baca bertema Pembudayaan Kegemaran Membaca. Acara tersebut digelar di Balai Pertemuan Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Senin (3/12/2018). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
03 Desember 2018 21:20 WIB Rahmat Jiwandono Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Upaya membangun generasi gemar membaca tak bisa dilakukan secara instan. Proses penumbuhan minat baca seharusnya dilakukan sejak usia dini.

Atas dasar itu, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY menggelar Roadshow Minat Baca bertema Pembudayaan Kegemaran Membaca. Acara tersebut digelar di Balai Pertemuan Desa Sumbermulyo, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Senin (3/12).

Dalam acara itu, tiga orang narasumber didatangkan. Masing-masing adalah Tustiyani anggota Komisi D DPRD DIY, Agnes Riyanti Dewantari Kepala Khusus Bagian (Kasubag) Program BPAD DIY, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul Agus Sulistyana.

Tustiyani mengajak masyarakat untuk membaca buku agar menambah cakrawala ilmu pengetahuan. Menurut dia buku adalah jendela dunia. Dia berharap agar masyarakat meringankan langkahnya menuju perpustakaan terdekat. "Baca buku yang disenangi dulu supaya menambah wawasan," ujar Tustiyani.

Kepala Sub Bagian Program BPAD DIY, Agnes Riyanti Dewantari mengatakan BPAD DIY bertugas menumbuhkan minat baca masyarakat Jogja. Menurut dia, menumbuhkan minat baca sama dengan membentuk sebuah generasi yang gemar membaca buku. "Namun membangun generasi yang gemar dengan tidak mudah. Tak bisa dilakukan secara instan. Perlu proses sejak dini mengajarkan kepada anak-anak untuk mulai membaca buku," ujar dia.

BPAD DIY berharap agar masyarakat tidak hanya membaca namun dari membaca dapat menulis buku yang menjadi sebuah karya yang bernilai ekonomis. Dengan menulis buku akan mewariskan ilmu bahwa orang yang menulis buku harus sering baca buku.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantul, Agus Sulistyana mengatakan roadshow minat baca diharapkan mampu membudayakan membaca buku. Usaha yang dilakukan oleh pihaknya adalah dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Literasi.

"Satgas ini tugasnya adalah menumbuhkan dan mengembangkan perpustakaan, meningkatkan peran perpustakaan, dan mendorong masyarakat gemar membaca," ucap Agus.