Advertisement

Beberapa Hari Lagi Bantul Resmi Punya Sekda Baru

Ujang Hasanudin
Selasa, 04 Desember 2018 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Beberapa Hari Lagi Bantul Resmi Punya Sekda Baru Ilustrasi PNS - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Beberapa hari lagi Bantul bakal punya Sekretaris Daerah (Sekda) Baru pengganti Riyantono yang pensiun. Meski begitu, sayangnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul masih menutup rapat identitas pejabat pembantu Bupati tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul, Danu Suswaryanta mengaku sudah mengantongi satu nama yang sudah pasti dipilih Bupati Bantul untuk mengisi posisi sebagai Sekda Bantul. "Sudah ada [identitas Sekda Bantul yang baru]. Namun siapa namanya, biar nanti Pak Bupati [Suharsono] saja yang menginformasikan. Kalau pelantikannya akan digelar Jumat [7/12]," kata Danu kepada Harianjogja.com, Selasa (4/12/2018).

Advertisement

Kepastian nama itu, kata dia, muncul setelah adanya rekomendasi dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Kendati tak menyebut nama pejabat yang direkomendasikan Gubernur, Danu menegaskan pejabat tersebut merupakan yang terbaik selama digelarnya proses seleksi oleh panitia seleksi (pansel).

Seperti diketahui, ada empat nama yang menjadi kontestan seleksi Sekda Bantul yang baru. Dari hasil seleksi jabatan setingkat eselon IIA itu lantas muncul tiga nama, yakni Helmi Jamharis yang menjabat sebagai Asisten Bidang Pemerintahan Setda Bantul; Hermawan Setiaji selaku Kepala Inspektorat Bantul; dan Pulung Haryadi selaku Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul.

Dari ketiga nama itu, nilai tertinggi dalam tahapan seleksi diraih Helmi Jamharis dengan skor 858,48. Sedangkan Hermawan Setiaji dan Pulung Haryadi masing-masing meraih skor 839,88 dan 839,24. “Nilai tersebut berdasarkan hasil uji kompetensi, presentasi makalah, wawancara, dan rekam jejak,” ucap Danu.

Selain Sekda, pejabat kepala tiga organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Bantul juga sudah ada, namun namanya juga masih dirahasiakan. Ketiga OPD tersebut masing-masing adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut Danu, rencana pelantikan pejabat Sekda maupun kepala OPD akan digelar bersamaan pada Jumat lusa. "Semua dilantik pekan ini, karena tidak mungkin membiarkan jabatan terlalu lama kosong," ucap Danu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 59 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement