Advertisement

Digelontor Rp2 Miliar, Jalanan di Gunungkidul Bakal Lebih Terang

Herlambang Jati Kusumo
Rabu, 05 Desember 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
Digelontor Rp2 Miliar, Jalanan di Gunungkidul Bakal Lebih Terang Lalu lintas di ruas jalan utama Gunungkidul. - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum dan Perparkiran, Dishub, Gunungkidul, Ely Siswanta mengungkapkan pihaknya terus berupaya melakukan penambahan penerangan jalan umum setiap tahunnya.

Pada 2018 ini Dishub melakukan penambahan PJU sebanyak 109 unit di titik-titik rawan kecelakaan, jalan kabupaten dan beberapa lokasi prioritas yang diusulkan oleh kecamatan maupun desa.

Advertisement

Rencananya di tahun 2019 mendatang, pemerintah akan melakukan penambahan PJU kembali, agar nantinya dimasing-masing ruas jalan terdapat penerangan yang memadahi.

Setidaknya terdapat 36 titik jalan yang dipasang penerangan jalan umum dengan lampu tenaga surya yang akan ditanggung dana APBD tahun 2019 mendatang. Kemudian untuk PJU dengan daya listrik terdapat 50 unit yang akan terpasang.

“Terus kami upayakan untuk pemasangan setiap tahun. Mengingat masih banyak jalan yang penerangannya kurang. Untuk kendala keterbatasan anggaran yang ada saya kira,” katanya, Selasa (4/12/2018).

Setiap tahunnya untuk anggaran penambahan penerangan ini berkisar Rp1,9 miliar hingga sekitar Rp2 miliar. Menurutnya jumlah tersebut belum dapat meng-cover secara keseluruhan, mengingat kebutuhan juga cukup banyak. Terlebih sekarang ini menggunakan tenaga surya yang harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan daya listrik.

Pihaknya juga terus melakukan perbaikan di PJU yang sekiranya rusak atau mengalami masalah. Namun yang jadi kendala keterbatasan sumber daya manusia yang terbatas, sehingga harus bergantian dalam pembenahan dan tidak dapat instan.

Masyarakat pun juga diminta aktif dalam pelaporan, misalnya saja menghubungi dinas secara langsung dengan telepon atau melalui surat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement