Advertisement

Lupa Matikan Tungku, Rumah Warga Tepus Hangus Terbakar

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 06 Desember 2018 - 14:17 WIB
Nina Atmasari
Lupa Matikan Tungku, Rumah Warga Tepus Hangus Terbakar Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Rumah Ngatimin,65, warga Dusun Pule Kulon, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus nyaris hangus terbakar pada Rabu (5/12/2018) malam. Kerugian capai puluhan juta rupiah.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, Diyono mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Bermula dari kelalaian Ngatimin yang lupa mematikan api di tungku memasak saat yang bersangkutan pergi ke rumah kerabatnya.

Advertisement

"Jadi Selesai memasak di dapur, dia [Ngatimin] langsung meninggalkan rumah untuk menengok saudaranya yang sedang sakit. Saat itu, korban lupa memadamkan api di tungku yang masih menyala," ucap Diyono Kamis (6/12/2018) siang.

Diyono menjelaskan akibat dari kelalaian korban, api dari tungku membesar dan menyambar bagian dinding dapur rumah yang terbuat dari bambu dan kayu. Api juga merembet ke bagian atap dan terus membesar hingga melalap bangunan kandang yang berada tepat di samping dapur.

Kobaran api tersebut segera diketahui warga sekitar. Warga lantas melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Bantuan air dari truk pengangkut air turut digunakan. Selang satu jam, api berhasil padam. “Api secara gotong royong berhasil dipadamkan setelah warga berjuang selama satu jam," ucap Diyono.

Berdasarkan laporan yang diterima UPT Damkar Gunungkidul, akibat dari kejadian ini kerugian materil mencapai Rp35 juta. "Kerugian jutaan rupiah, dan tidak ada korban jiwa," ujar Diyono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement