Advertisement

Tanam 10.000 Pohon, Korem 072/PMK Hijaukan Temuwuh Bantul

Abdul Hamied Razak
Minggu, 09 Desember 2018 - 22:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Tanam 10.000 Pohon, Korem 072/PMK Hijaukan Temuwuh Bantul Danrem 072/Pmk Jogja Brigjen TNI Muhammad Zamroni saat melakukan penanaman pohon di di Dusun Tajam, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Sabtu (8/12/2018)./Ist-Korem 072 - Pmk Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Sebanyak 10.000 Pohon ditanam Korem 072/Pmk Jogja di Dusun Tajam, Temuwuh, Dlingo, Bantul, Sabtu (8/12). Kegiatan penghijauan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Juang Kartika ke-73 tahun ini.

Danrem 072/Pmk Jogja Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan kegiatan penghijauan tersebut juga implementasi nilai perjuangan TNI AD yang diwujudkan melalui bakti sosial. Karya bakti berupa penghijauan tersebut juga melibatkan berbagai unsur baik dari Pemda Bantul, Polri dan seluruh komponen masyarakat.

Advertisement

"Ini menunjukkan sinergitas antara TNI AD dengan segenap komponen masyarakat di Bantul cukup solid. Hal-hal positif seperti ini harus dijaga dan pertahankan untuk keamanan dan kondusiftas demi kelancaran pembangunan di Bantul," katanya melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (8/12/2018).

Zamroni juga berterimakasih kepada BP DAS yang menyiapkan 10.000 bibit pohon untuk ditanam di lahan masyarakat dan lahan pemerintah. Gerakan tersebut diharapkan ke depan, wilayah Bantul tidak lagi kesulitan air bersih. Wilayah Temuwuh, katanya, menjadi salah satu wilayah di Bantul yang kekurangan air bersih saat musim kemarau.

"Penghijauan ini dapat menjadikan pengikat sumber air bersih. Jika pada musim kemarau tahun depan masih terdapat sumber air berarti kita berhasil melaksanakan penghijauan," katanya.

Pepohonan yang ditanam di Temuwuh merupakan tanaman produktif seperti jeruk, sirsak, nangka, durian rambutan dan lainnya. Diharapkan, buah yang dihasilkan nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Zamroni juga berharap, Temawuh bisa menjadi destinasi wisata baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Apalagi program dari Pemkab Bantul memprioritaskan pengembangan pembangunan bidang pertanian, pariwisata dan industri kecil," katanya.

Kondisi tersebut bisa tercapai, kata Zamroni, manakala seluruh warga secara bersama-sama ikut menjaga kelestarian alam dan mendukung program penghijauan. "Acara ini untuk kesinambungan hidup generasi yang akan datang. Ingat, alam ini bukan warisan nenek moyang untuk kita, melainkan titipan untuk anak cucu kita,” tandas Zamroni.

Acara penghijauan ini diawali dengan penyerahan secara simbolis tanaman pohon dari Danrem kepada masyarakat dan dilanjutkan penanaman pohon secara simbolis yang dilakukan oleh Danrem 072/Pmk, BP DAS, Bupati Bantul yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Dipertautkan) Bantul Pulung Haryadi Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Hariyadi dan Camat Dlingo.

Hadir dalam acara tersebut Kasrem 072/Pmk Kolonel Kav. Puji Setiono, Kasi Intel Kolonel Inf. Wiratno, Kasi Ter Kolonel Inf Jaelan, Kasi Renc Kolonel Inf Andiek Prasetyo, Kasi Log Kolonel Inf I Made Alit, Kasi Pers Kolonel Inf Riza Anom Putranto, Dansat Brimob Polda DIY AKBP Deny, Dandim 0730/GK Letkol Inf Taufik Hanif, Dandim 0734/Ygy Letkol Inf Bram Pramudya, Dandim 0729/Bantul Letkol Inf Yuswanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies-Muhaimin Hadir di Penetapan KPU, Pakar UGM: Ada Peluang Ikut Koalisi Prabowo

News
| Kamis, 25 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement