Advertisement

Sambangi Gunungkidul, SBY Puji Kawasan Wisata hingga Nyanyi Bersama Pengamen

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 10 Desember 2018 - 16:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sambangi Gunungkidul, SBY Puji Kawasan Wisata hingga Nyanyi Bersama Pengamen Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat menyantap bakso di salah satu warung makan di taman parkir Pasar Argosari, Wonosari, Senin (10/12/2018). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sambangi Gunungkidul, Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memuji potensi wisata Gunungkidul dan menilai dapat dikembangkan baik.

“Kemarin saya dari Pacitan [Minggu (9/12)] terus mampir ke Gunungkidul, tadi pagi saya ke Pantai Indrayanti [Pulang Sawal] bagus sekali. Saya yakin nanti akan bisa dikembangkan dengan baik, kalau ekonomi Insyaallah makin baik, infrastruktur kita bangun, kuliner kita hidupkan akan semakin bagus,” ujar Politisi Partai Demokrat itu, Senin (10/12/2018).

Advertisement

Dikatakan SBY, pariwisata merupakan kawasan yang menjanjikan di masa depan. Namun dalam pengembangan tersebut dikatakannya pasti ada tantangan. Mulai dari infrastruktur, jalan menuju kawasan wisata. Kemudian daya tarik perlu dibangun, kuliner rumah makan, dan pelayanan yang baik, termasuk lahan parkir yang luas, dan tempat mengambil foto.

Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  saat menyantap bakso di salah satu warung makan di taman   parkir Pasar Argosari, Wonosari, Senin (10/12/2018)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

“Saya lihat bagus, tentu harus ditingkatkan. Pesan saya, pimpinan Gunungkidul ibu bupati [Badingah] dan semuanya tidak pandang bulu parpolnya apa harus bersatu untuk rakyat. Saya lihat Pacitan berkembang pesat saya yakin sini juga,” kata SBY.

SBY juga mengingatkan untuk menjaga lingkungan alam agar tetap asri, meski kawasan wisata berkembang. Dalam kunjungannya itu SBY bersama istrinya Ani Yudhoyono dan sejumlah politisi Partai Demokrat, seperti Roy Suryo dan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Gunungkidul juga menyempatkan untuk makan bakso di warung makan taman parkir Pasar Argosari, Wonosari.

Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  saat bernyanyi bersama pengamen di taman parkir Pasar   Argosari, Wonosari, Senin (10/12/2018)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

“Bakso enak sekali, jos. Menurut saya kenyal saosnnya enak. Nanti juga ke sotonya mbah Noto katanya enak, lalu cari oleh-oleh terus ke Jogja,” katanya seusai menyantap makan siang.

Setelah makan siang, SBY menyempatkan bernyanyi dengan para pengamen yang ada di warung. SBY menyanyi tiga lagu bersama pengamaen, satu lagu dari Panbers dengan judul Cinta dan Permata, kemudian dua lagu dari Koes Plus, Andai Kau Datang dan Ojo Pada Nelongso.

Kedatangan SBY di warung makan bakso dan menyambangi pengamen disambut bahagia. Penjual bakso, Murtini mengatakan tidak menyangka akan kedatangan SBY tersebut.

“Senang banget [kedatangan Pak SBY], makan bakso, gorengan, minum teh poci. Gak ada persiapan tadi, mendadak tadi. Cuma dibilang bapak SBY mau kesini,” ujar Murtini.

Salah seorang pengamen Rudiyono mengatakan, dirinya beberapa jam sebelumnya sudah diberitahu mengenai kedatangan SBY untuk mencicipi bakso. Dia dan dua orang rekannya yang setiap hari mengamen di lokasi tersebut mempersiapkan diri dengan peralatan seadanya yang biasa ia gunakan.

“Senang bisa mengiringi orang nomor satu sambil makan bakso, kan enak makan diiringi bakso, tadi nyanyi bersama juga,” katanya.

Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  saat bernyanyi bersama pengamen di taman parkir Pasar   Argosari, Wonosari, Senin (10/12/2018)./Harian Jogja-Herlambang Jati Kusumo

Ketua DPC Partai Demokrat Gunungkidul, Supriyani Astuti mengungkapkan kunjungan SBY tidak ada agenda politik. “Ke sini [Gunungkidul] setelah dari Pacitan. Beliau semalam datang dan menginap, Bapak tilik [mengunjungi] warga, tidak ada agenda politik kok. Kebetulan mampir kemarin ada acara di Pacitan, hari ini ke Jogja,” ucap Supriyani.

Terpisah Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengucapkan terima kasih atas pujian SBY terhadap pariwisata di Gunungkidul, termasuk masukan yang diberikan. “Memang Ibu Bupati sudah merancang pembangunan infrastruktur dari jalan hingga area destinasi wisata. Tahun depan pantai Krakal dan Baron jadi prioritas peningkatan kualitas infrastruktur,” ujarnya.

Dikatakannya destinasi wisata lainnya juga terus dan akan dikembangkan sesuai potensi. Diluar itu Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul sudah punya pusat informasi Pariwisata di Patuk. Demikian juga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Gunungkidul terus meningkatkan jalan-jalan yang strategis agar memudahkan transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement