Advertisement

Akibat Longsor, Objek Wisata Puncak Suroloyo Sepi Pengunjung

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 10 Desember 2018 - 14:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Akibat Longsor, Objek Wisata Puncak Suroloyo Sepi Pengunjung Seorang pengendara motor melewati jalan yang tertutup material tanah longsor di jalur menuju objek wisata Puncak Suroloyo, di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Minggu (9/12 - 2018).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Samigaluh sejak Jumat (7/12/2018) sore hingga Sabtu (8/12/2018) tak hanya memicu tanah longsoran yang menimpa permukiman warga. Akses jalan menuju objek wisata Puncak Suroloyo di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, ikut terdampak. Akibatnya jumlah kunjungan wisatawan ke lokasi tersebut menurun.

Berdasar pantauan Harian Jogja pada Minggu (9/12), sedikitnya tiga ruas jalan menuju kawasan Suroloyo tertutup material tanah longsor. Salah satunya dari arah Boro, Kalibawang, menuju Puncak Suroloyo yang sebagian badan jalannya tergerus sehingga berbahaya jika dilalui mobil.

Advertisement

Selain mengancam keselamatan pengendara, kondisi ini berakibat pada turunnya kunjungan wisatawan. "Kalau pas ada material tanah longsor yang menutup jalan, kami bisa mengalami penurunan omzet sampai 50 persen," kata seorang pelaku wisata di Puncak Suroloyo, Windarto, Senin (10/12).

Windarto menduga penyebab longsor dan ambrolnya jalan itu karena pembangunan yang tak diimbangi dengan pembuatan saluran air. Walhasil air hujan dengan mudah meresap ke dalam tanah dan memicu longsor di badan jalan.

"Air hujan yang turun tidak terkonsentrasi di selokan, air mudah meresap ke tanah dan itu rawan menyebabkan longsor dan berdampak di ruas jalan, kami pernah sampaikan ke dinas terkait untuk dibuatkan selokan tetapi sampai saat ini belum ada tanggapan," ucapnya.

Kepala Kepolisian Sektor Samigaluh, AKP Purnomo, menyatakan jajarannya memetakan seluruh wilayah Samigaluh yang berpotensi terjadi tanah longsor, di antaranya jalur menuju kawasan Puncak Suroloyo. "Selain itu kami juga selalu menjalin koordinasi dengan sukarelawan setempat untuk selalu memperbarui data kejadian di Samigaluh," kata dia. Terkait dengan longsornya beberapa titik di ruas jalan menuju Puncak Suroloyo Purnomo mengimbau agar pengunjung lebih berhati-hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 18 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kementerian PUPR Akan Buka 6.300 Formasi CPNS dan 19.900 PPPK, Ini Rinciannya

News
| Sabtu, 20 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement