Advertisement

Jumlah Pemilih Pemilu 2019 di Gunungkidul Bertambah

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 11 Desember 2018 - 19:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Jumlah Pemilih Pemilu 2019 di Gunungkidul Bertambah Foto ilustrasi. - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Daftar pemilih, Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Gunungkidul bertambah setelah dilakukan perbaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan dari hasil perbaikan setelah dilakukan penetapan pada November lalu setidaknya ada peningkatan sebanyak 1.801 pemilih.

Advertisement

“DPTHP 2 yang ditetapkan November lalu sebanyak 604.093, setelah tindak lanjut instruksi KPU RI untuk memperpanjang masa perbaikan atau pencermatan 30 hari itu, saat ini menjadi 605.894,” kata Hani, Selasa (11/12/2018).

Ia mengatakan terus mengupdate data pemilih termasuk yang belum melakukan perekaman E-KTP, seperti pada pemilih pemula, kemudian warga lanjut usia (lansia), dan warga penyandang disabilitas.

“Target untuk perekaman E-KTP akhir tahun ini kan selesai semua. Termasuk pemula, lansia, difabel. Kendala kan kadang yang lupa ingatan sulit direkam, yang merantau untuk pulang rekam kan ribet,” ujarnya.

Ia berharap Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul dapat segera menyelesaikan perekaman E-KTP. Termasuk peran aktif masyarakat diperlukan menurutnya.

Komisioner bidang pengawasan, hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengungkapkan KPU Gunungkidul telah menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi dari Bawaslu Gunungkidul.

“KPU sudah menindaklanjuti rekomendasi dari kita terkait data ganda, data bermasalah,” ujarnya.

Ia mengatakan masih akan terus dicermati daftar pemilih tersebut. Masih ada data yang bermasalah atau tidak, dan utamanya fokus memantau pemilih yang belum rekam E-KTP.

Rosita berharap daftar pemilih Pemilu 2019 di Gunungkidul benar-benar bisa diakomodir oleh KPU Gunungkidul dan masyarakat juga aktif nantinya menggunakan hak pilihnya. Menurutnya untuk menyukseskan Pemilu 2019 ini perlu peran serta seluruh masyarakat.

“Harapan kami masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam memperjuangkan hak pilih termasuk tertib adminsistrasi kependudukan mempunyaki E-KTP dan Kartu Keluarga. Kerjasama semua elemen, terutama dalam mengawal hak pilih. Koordinasi maksimal antara KPU dan Disdukcapil,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement