Advertisement

Gunungkidul Bentuk BPPD untuk Maksimalkan Pariwisata

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 12 Desember 2018 - 20:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Gunungkidul Bentuk BPPD untuk Maksimalkan Pariwisata Bupati Gunungkidul Badingah saat melantik dan memberikan ucapan selamat kepada anggota Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) di Bangsal Sewokoprojo, Kecamatan Wonosari, Rabu (12/12).-Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Bupati Gunungkidul mengukuhkan anggota Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) di Bangsal Sewokoprojo, Kecamatan Wonosari, Rabu (12/12). Ia pun berharap seluruh anggota membeerikan kontribusi nyata dalam pengembangan sektor kepariwisataan di Gunungkidul.

“Saya berharap BPPD bisa membantu Pemerintah Kabupaten mengembangkan sektor kepariwisataan dengan kontribusi yang nyata. Salah satunya peningkatan jumlah kunjungan ke Gunungkidul,” kata Badingah, kemarin.

Advertisement

Pengembangan pariwisata dianggap dapat memberikan dampak yang sangat signifikan lantaran banyak sektor yang merasakan dampak adanya wisata, mulai dari bertambahnya pendapatan asli daerah, geliat sektor industri rumah tangga hingga pengetasan kemiskinan. Pariwisata memberikan efek domino karena dampakanya tidak hanya di pariwisata tetapi sektor-sektor lain juga ikut merasakan.

Ketua BPPD Gunungkidul Edo Sunardi mengungkapkan lembaganya siap berkolaborasi dengan Pemkab untuk mengembangkan sektor pariwisata yang lebih baik lagi. Namun, di langkah awal ini BPPD akan intensif koordinasi internal serta beraudiensi dengan pemerintah daerah.

“Intinya kami [BPPD] siap ikut berpartisipasi dalam memajukan pariwisata Gunungkidul tetapi berhubung masih badan baru, internal lembaga akan dikuatkan terlebih dahulu,” ucap Edo. Untuk jangka panjang, BPPD sudah menyiapkan beberapa program, mulai dari studi penguatan kinerja ke Sleman dan Bali.

Selain itu, BPPD juga akan mengagendakan tur singkat yang melibatkan agen travel tingkat nasional maupun regional di kawasan Asia Tenggara. “Kedatangan agen travel perjalanan sangat penting karena mereka [agen travel] bisa mendatangkan wisatawan. Nantinya, mereka diajak berkeliling destinasi wisata di Gunungkidul,” katanya.

Edo menambahkan untuk mengoptimalkan pengembangan pariwiata, BPPD juga menyiapkan program pencontohan pengelolaan kawasan wisata pantai. Menurut dia, pengelolaan akan dikonsep yang unik sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung.

“Ada beberapa pantai yang sudah dilirik tetapi sekarang belum kami sebut. Yang jelas, dalam pengelolaan ditata dengan konsep berbeda dengan umumnya wisatawa pantai di Gunungkidul,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement