Advertisement

Pembangunan JPG di Malioboro Diperkirakan Telan Rp300 Miliar

Sunartono
Jum'at, 14 Desember 2018 - 06:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Pembangunan JPG di Malioboro Diperkirakan Telan Rp300 Miliar Pelancong menikmati suasana sore di Jalan Malioboro, Jogja, Senin (18/06/2018). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG) di kawasan Malioboro diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp300 miliar. Selain sebagai destinasi wisata baru di Malioboro, JPG juga menjadi solusi tempat parkir karena bisa menampung ratusan kendaraan roda empat.

Kasi Penataan Bangunan dan Permukiman Bidang Cipta Karya Dinas PUP-ESDM DIY Arif Azazi Zein menjelaskan pelaksanaan pembangunan fisik JPG akan dilaksanakan pada 2020 mendatang. Proyek itu diperkirakan menghabiskan dana total Rp300 miliar, dengan estimasi pembangunan fisik lima lantai dan dua basement sekitar Rp250 miliar, sedangkan untuk interior sekitar Rp50 miliar.

Advertisement

"Ini dengan hitungan harga saat ini, nanti kan ada inflasi dan lainnya. Kalau kita bangun di 2020 maka akan disesuaikan lagi jadi bisa berubah," terangnya Kamis (13/12/2018).

Ia mengatakan, JPG akan menjadi destinasi wisata baru di kawasan Malioboro. Rencananya akan menghadirkan sejarah masa lalu di Jogja serta bentuk perencanaan Jogja ke depannya. Gedung ini nantinya bisa diakses dari dua jalur, yaitu dari Jalan Malioboro bagi pejalan kaki dan dari Jalan Mataram untuk kendaraan bermotor.

"Jadi kalau masuk dengan mobil lewatnya jalan Mataram kalau jalan kaki lewat Malioboro karena JPG ini nantinya berada di Jalan Malioboro dan tembus Jalan Mataram," katanya.

Ia mengatakan dua basement di JPG diharapkan menjadi salah satu penyumbang solusi mengatasi parkir di kawasan Malioboro. Di gedung ini diperkirakan mampu menampung sekitar 280 unit kendaraan roda empat. Sejalan dengan perencanaan Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor, tempat parkir di JPG juga menjadi tempat parkir bagi DPRD DIY.

"Melalui JPG ini juga bisa menjadi akses menuju DPRD DIY, karena ke depan kan kendaraan bermotor tidak bisa lewat Malioboro lagi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement