Advertisement

Sekolah di Gunungkidul Siap Sisipkan Pendidikan Antikorupsi

Herlambang Jati Kusumo
Jum'at, 14 Desember 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Sekolah di Gunungkidul Siap Sisipkan Pendidikan Antikorupsi Ilustrasi Korupsi

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sekolah-sekolah di Gunungkidul mendukung dan mengaku siap untuk menyisipkan pendidikan antikorupsi dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Kepala Sekolah SMP N 2 Wonosari, Purwanta mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin nantinya menanamkan karakter anti korupsi tersebut. Dikatakannya juga pembelajaran anti korupsi yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain akan lebih efektif diterima siswa.

Advertisement

“Tidak berdiri sendiri sebagai mata pelajaran lebih baik, dengan terintegrasi ke mata pelajaran lain akan lebih mudah diterima anak. Nantinya juga ada Bimtek [bimbingan teknis] atau sosialisasi,” ucapnya, Kamis (13/12/2018).

Implementasi sikap-sikap antikorupsi dikatakannya juga sudah mulai diterapkan sebenarnya. Contoh yang sederhana dikatakannya dengan tepat waktu segala kegiatan. Terkait kantin kejujuran sendiri menurutnya saat ini memang masih perlu ada evaluasi. Ia menuturkan pembentukan karakter lainpun coba ditanamkan seperti peduli akan lingkungan.

Senada, Guru Bimbingan Konseling SMA N 1 Tanjungsari, Supraptini mengaku juga mendukung adanya pendidikan anti korupsi ini. “Sangat bagus itu kami berusaha semaksimal mungkin nantinya mengajarkan itu, di SMA kami kan pendidikan karakter setiap Sabtu diajarkan. Jika tambah itu semakin baik,” katanya.

Ia mengatakan pendidikan antikorupsi ini penting kedepan dalam dunia pekerjaan. Menurutnya banyak orang pintar, namun dalam mental untuk anti korupsi tidak semuanya orang yang pintar tersebut memiliki. Dia berharap kedepan penanaman anti korupsi ini juga diimplementasikan atau diajarkan oleh keluarga dan masyarakat.

Terkait kantin kejujuran sendiri diakuinya saat ini memang belum maksimal, dikarenakan masih berfokus pada kantin kebersihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement