Advertisement

Rakornas Ke-2, KAMMI Siap Merawat Indonesia

Yogi Anugrah
Selasa, 18 Desember 2018 - 21:10 WIB
Laila Rochmatin
Rakornas Ke-2, KAMMI Siap Merawat Indonesia Ratusan Kader Kammi dari seluruh Indonesia mengikuti kegiatan Rakornas ke-2 di Asrama Haji, Jalan Lingkar Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman, Kamis-Minggu (13-16/12/2018). - IST

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang ke-2 di Asrama Haji, Jalan Lingkar Utara, Sinduadi, Mlati, Sleman. Rapat yang dilaksanakan sejak Kamis (13/12/2018) hingga Minggu (16/12/2018) ini dihadiri lebih dari 257 peserta dari seluruh Indonesia.

Rakornas ke-2 merupakan lanjutan dari Rakornas pertama yang dilaksanakan pada pertengahan tahun ini di Jakarta. Namun dengan pembahasan bidang yang berbeda.

Advertisement

"Jogja adalah tempat bertemunya pikiran-pikiran ideologis. Terutama dalam dunia gerakan. Apa yang kami lakukan di sini adalah mengukuhkan garis kenegaraan dan kebangsaan Kammi," kata Elevan Yusmanto, Ketua KAMMI Wilayah Jogja dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/12/2018).

Dalam Rakornas ke-2 ini, tema yang diusung pun mempertegas posisi KAMMI sebagai salah satu jangkar pergerakan yang turut merawat Indonesia.

Ketua Umum KAMMI Pusat Irfan Ahmad Fauzi menjelaskan tema yang diusung pada Rakornas ini adalah pertama, penguatan internal organisasi dengan mengubah sistem organisasi dan pikiran kader sesuai dengan semangat zaman, era milenial. Kedua adalah bentuk penegasan KAMMI sebagai perekat seluruh elemen bangsa.

"Ketiga, terkait pileg dan pilpres yang diharapkan menjadi pembawa banyak perubahan fundamental bagi kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar dia.

"Sebagai aktivis gerakan Islam, Kammi tidak hanya berdakwah ke masyarakat saja. Namun juga harus sinkron dengan segala aktivitas kebangsaan," ujar Taufiq Hidayat Al Hamidi, Ketua Panitia Rakornas.

Acara yang berlangsung selama empat hari ini dibuka langsung oleh Abdullah Sunono, Ketua Ikatan Da'i Indonesia (IKADI) dengan menghadirkan Prof Sri Adiningsih, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, Pengasuh Pondok Pesantren Al Munawwir Krapyak Kiai Hilmy Abdullah, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia Witjaksono, Dewan Pembina Asosiasi Tokoh Dai Nasional, Salim A Fillah serta beberapa tokoh ulama di Jogja.

Rakornas ini ditutup langsung oleh Sukamta, anggota Komisi I DPR. Sukamta berharap agar kader Kammi menjadi pionir dalam membangun bangsa berlandaskan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal ika. Ia yakin melalui agenda Rakornas Kammi ini, kader mampu mewujudkan Indonesia yang bermartabat serta mampu merawat nilai-nilai kebangsaan dan kebhinekaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement