Advertisement

Wabup Gunungkidul Ingatkan Pelaku Wisata Antisipasi Komplain Wisatawan di Medsos

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 18 Desember 2018 - 08:17 WIB
Nina Atmasari
 Wabup Gunungkidul Ingatkan Pelaku Wisata Antisipasi Komplain Wisatawan di Medsos Suasana Pantai Baron, Tanjungsari, Selasa (15/5/2018). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul, memberi peringatan para pelaku wisata di Gunungkidul untuk bersikap professional saat libur Natal dan Tahun Baru 2019 ini.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengimbau pelaku wisata harus bersifat professional sebagai pelaku wisata sesuai ukuran sapta pesona. Wisatawan yang datang harus dipandang sebagai tamu yang harus dihormati.

Advertisement

Ia mengatakan sebenarnya banyak tempat wisata di daerah lain yang biasa, namun dengan sikap yang baik dari pelaku wisata dapat meningkatkan kunjungan wisata. “Kenangan bagian dari sapta pesona yang penting, pelaku wisata harus memberi kenangan yang baik pada wisatawan,” kata Immawan, Senin (17/12/2018).

Immawan juga mengingatkan kepada pelaku wisata kaitannya harga-harga di objek wisata untuk tidak berlebihan mematok harga. Pelaku wisata harus belajar dari kejadian terdahulu komplain-komplain wisatawan di medsos masalah harga, ditegaskan Immawan jangan sampai terulang lagi.

“Menurut ahli booming wisata di Gunungkidul masih 10-15 tahun atau lebih. Jangan sampai dengan tindakan-tindakan yang tidak menyenangkan terhadap wisatawan, atau kerusakan lingkungan yang terjadi dapat memperpendek booming wisata,” katanya.

Dia mengimbau kepada wisatawan untuk turut serta menjaga lingkungan wisata. Pemkab juga akan segera berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melancarkan libur natal dan tahun baru ini.

Terkait adanya pak ogah dijalanan sendiri ia mengungkapkan sebenarnya hal tersebut ada baik buruknya. Baik jika memang tidak ada polisi di daerah tersebut, karena keterbatasan personil dan memang cukup membahayakan lokasinya. Namun ia juga mengingatkan jangan mengada-ada, yang sebenarnya aman namun seolah-olah dibuat tidak aman.

Bupati Gunungkidul, Badingah mempersilahkan wisatawan untuk datang ke Gunungkidul karena banyak destinasi wisata yang indah di kunjungi. “Saya minta liburan natal tahun baru wisatawan mengunjungi destinasi Gunungkidul. Banyak sekali destinasi wisata pantai, goa, gunung api purba dan masih banyak lagi lainnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement