Advertisement

Jogja Dapat Penghargaan Kota dengan Kehidupan Beragama Paling Rukun di Indonesia Versi Kemenag

Newswire
Kamis, 03 Januari 2019 - 23:50 WIB
Bhekti Suryani
Jogja Dapat Penghargaan Kota dengan Kehidupan Beragama Paling Rukun di Indonesia Versi Kemenag Ilustrasi agama. - Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Dianggap sebagai kota dengan kerukunan beragama yang baik, Kota Jogja menjadi satu dari tiga kota di Indonesia yang memperoleh Harmony Award 2018 dari Kementerian Agama RI untuk kategori kehidupan keagamaan paling rukun di Indonesia.

"Kami merasa bangga dengan penghargaan yang diberikan. Apalagi, penilaian untuk bisa memperoleh penghargaan ini diperoleh dari hasil survei secara langsung ke masyarakat," kata Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi saat dihubungi seusai menerima penghargaan di Jogja, Kamis (3/1/2019).

Advertisement

Dengan demikian, lanjut Heroe, masyarakat Kota Jogja memiliki apreasiasi yang baik terhadap kerukunan kehidupan keagamaan di lingkungan mereka masing-masing dan merasa nyaman dalam menjalankan kehidupan beragama meskipun berbeda-beda.

Penghargaan yang menjadi penghargaan perdana yang diterima Kota Jogja pada 2019 tersebut diberikan setelah Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Agama RI melakukan survei terhadap berbagai aspek seperti program, kebijakan hingga dukungan anggaran untuk mewujudkan kerukunan kehidupan beragama.

Survei dilakukan terhadap 415 kabupaten dan 93 kota se-Indonesia. Dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan, Heroe mengatakan, Pemerintah Kota Jogja selalu melibatkan tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan dukungan anggaran disalurkan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Heroe berharap penghargaan tersebut akan mendukung upaya Kota Jogja untuk selalu menjaga kota tersebut sebagai "city of tolerance."

"Penghargaan ini semakin memacu dan menguatkan semangat seluruh pihak, bahwa apa yang sudah dilakukan berada dalam jalur yang benar," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Kota Yogyakarta Zenni Lingga mengatakan, dukungan anggaran untuk berbagai kegiatan keagamaan di antaranya berupa dana hibah.

"Kegiatan yang cukup banyak dilakukan berbentuk dialog lintas agama dan fasilitasi kegiatan seluruh agama yang ada. Keberagaman ini sangat indah sehingga harus terus dijaga dan dirawat dengan baik sehingga terwujud kehidupan yang harmonis di tengah masyarakat," katanya.

Selain Kota Jogja, dua kota lain yang juga dianugerahi penghargaan yang sama adalah Kota Ambon dan Kabupaten Bulungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement