Menghidupkan Telaga Semar Seto lewat Festival Jagung Bakar

Warga sedang membakar jagung pada Festival Jagung Bakar di Kawasan Telaga Semar Seto di Padukuhan XII Sidorejo, Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul pada Senin (31/12/2018). - Harian Jogja/Yogi Anugrah
03 Januari 2019 00:50 WIB Yogi Anugrah Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Pariwisata (Dispar) DIY bekerja sama dengan Pemerintah Desa Ngestiharjo menggelar Festival Jagung Bakar di Kawasan Telaga Semar Seto di Padukuhan XII Sidorejo, Desa Ngestiharjo, Kasihan, Bantul pada Senin (31/12/2018).

Ketua Panitia Festival Jagung Bakar Wisnu Susena mengatakan Festival Jagung Bakar ini merupakan suatu wahana kegiatan untuk masyarakat Sidorejo dalam rangka merayakan tahun baru.

"Karena kami melihat bahwa anak-anak dan remaja pada malam tahun baru pasti banyak yang keluyuran dan membuat orang tua khawatir, makanya kami adakan Festival Jagung Bakar," katanya.

Festival Jagung Bakar ini, katanya diikuti oleh 11 RT di Sidorejo yang saling berlomba, selain itu, ada penampilan tarian dari remaja dan anak-anak sekitar, dan dimeriahkan dengan campur sari pada acara puncaknya.

"Kalau menandakan malam tahun baru biasanya pakai terompet, namun ini kami konsep secara lokal, sehingga memakai kentongan," ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, Festival Jagung Bakar ini sengaja dilaksanakan untuk kembali menghidupkan salah satu destinasi wisata Telaga Semar Seto yang telah lama tidak tertata.

Telaga Semar Seto sendiri merupakan nama baru dari Rawa Kalibayem yang dulu merupakan situs bersejarah yang sudah ada sejak Sultan Hamengkubuwono I.

"Jadi ini [Telaga Semar Seto] mau kami tata kembali agar menjadi salah satu destinasi wisata di Bantul," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap masyarakat mempunyai kesadaran bersama- sama untuk menjadikan Telaga Semar Seto sebagai salah satu destinasi wisata yang andal, karena hal tersebut bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kami juga sedang mengusulkan untuk membuat panggung di sekitar sini agar kesenian juga bisa terwadahi," ujarnya.