Advertisement

Ribuan Pekerja yang Membangun Bandara Baru Bukan Warga Kulonprogo

Uli Febriarni
Kamis, 03 Januari 2019 - 21:03 WIB
Bhekti Suryani
Ribuan Pekerja yang Membangun Bandara Baru Bukan Warga Kulonprogo Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO- Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo mengakui, pekerja di dalam sejumlah proyek pembangunan fisik di Kulonprogo berasal dari luar Kulonprogo.

Ia menjelaskan, dalam proyek New Yogyakarta International Airport (NYIA), bila membandingkan jumlah antara pekerja dari Kulonprogo dan luar Kulonprogo, Hasto mengatakan, dari total sekitar 2.500 pekerja, sebanyak 1.600 orang di antaranya merupakan pekerja warga Kulonprogo.

Advertisement

Mereka inilah yang mengerjakan pekerjaan taman di Kota Wates, begitu juga dengan sejumlah proyek lainnya. Yang dikerjakan oleh orang luar Kulonprogo, kebanyakan karena memang mereka lebih ahli.

"Atau ada orang Kulonprogo namun kerjaanya lambat, jadi pakai tenaga dari luar Kulonprogo," ungkapnya, Kamis (3/1/2019).

Disinggung lebih jauh perihal ribuan pekerja NYIA yang asalnya dari luar Kulonprogo dan kaitannya dengan pemungutan suara Pemilu 2019, Hasto menyadarinya.

Ia juga meminta Panitia Pemungutan Kecamatan Temon agar teliti dalam pemutakhiran data. Mengingat, dalam Pemilu ada daftar pemilih khusus dan pemilih tambahan.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo, Yayan Mulyana menuturkan, pekerja proyek fisik di Kulonprogo yang berasal dari luar daerah, berpotensi masuk menjadi Daftar Pemlilih Tambahan (DPTb) Kulonprogo dalam Pemilu 2019.

Namun sebelumnya, mereka akan didata. Karena tidak semua pekerja, masih bekerja di proyek-proyek itu terhitung April 2019. Diperkirakan, ada sejumlah pekerja yang hanya bekerja pada proyek dalam beberapa waktu saja, dan pergi karena habis kontrak. Selanjutnya digantikan oleh pekerja lainnya. Atau mereka sengaja pulang ke daerah asal untuk memberikan suaranya.

Selanjutnya, bagi pekerja luar daerah yang terbukti masih bekerja pada proyek hingga masa pelaksanaan Pemilu 2019, maka mereka bisa mengisi form A5.

Diketahui, setidaknya ada lima proyek di Kulonprogo yang banyak membutuhkan pekerja fisik yang berasal dari luar daerah.

Dari data sementara KPU Kulonprogo, tercatat ada sekitar 3.000 pekerja NYIA dari luar daerah, pekerja jalan terowongan NYIA sekitar 150 pekerja, pekerja proyek Rumah Sakit Umum Daerah 450 orang, 400 pekerja proyek normalisasi sungai, serta sekitar 500 orang dari luar Kulonprogo bekerja dalam proyek Jogja Techno Park.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement