Advertisement

Kemenag Harus Jalankan Enam Sasaran Program

Uli Febriarni
Kamis, 03 Januari 2019 - 21:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kemenag Harus Jalankan Enam Sasaran Program Karyawan Kemenag Kulonprogo mengikuti upacara HAB ke-73 Kemenag Kulonprogo di Alun-Alun Wates, Kamis (3/1/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Hari Amal Bakti (HAB) ke-73 Kementerian Agama (Kemenag) Kulonprogo harus menjadi momen bagi Kemenag untuk mencapai enam sasaran program strategis.

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo, mengungkapkan enam sasaran program Kemenag tersebut yakni meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama; meningkatkan kualitas pelayanan; meningkatkan akses layanan pendidikan; meningkatkan mutu pendidikan agama; keagamaan dan peningkatan kualitas tata kelola bidang agama.

Advertisement

"Enam program yang digariskan itu betul-betul kami tekankan agar dijalankan di daerah, khususnya untuk meningkatkan harmoni sosial, kerukunan umat beragama dan meningkatkan toleransi," kata Hasto saat memberikan sambutan dalam upacara HAB di Alun-Alun Wates, Kamis (3/1/2019).

Selain itu Kemenag diminta untuk terus menerapkan lima nilai budaya kerja Kemenag, yakni integritas; profesionalitas; inovasi; tanggung jawab dan keteladanan.

Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo, Nuruddin, menuturkan dalam HAB kali ini jajarannya ingin menunjukkan upaya mereka dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, misalnya percepatan penerbitan sertifikat untuk 21 tanah wakaf. "Idealnya proses pengurusan sertifikat tanah wakaf akan selesai tergantung dengan proses di masing-masing Kantor Urusan Agama [KUA] bersama nazir dan wakif [pemberi wakaf]," kata Nuruddin.

Kemenag mendapatkan bantuan dana pengurusan sertifikat wakaf dari Kemenag Pusat yang berbeda-beda jumlahnya. Untuk saat ini bantuan yang turun sebesar Rp1 juta per satu sertifikat.

Selain itu Kemenag ingin turut berpartisipasi dalam menjaga kerukunan umat beragama di tengah keberagaman masyarakat, terutama menjelang Pemilu 2019. Sejauh ini kepedulian itu ditunjukkan dengan penyuluhan.

"Pilihan yang berbeda dalam Pemilu 2019 jangan sampai mencederai persatuan dan kesatuan. Meski berbeda pilihan, masyarakat harus tetap selalu menjaga kerukunan umat beragama yang selama ini sudah terjaga dengan baik," ujarnya.

Rangkaian HAB ke-73 dimulai pada Selasa (18/12/2018), diisi dengan bermacam acara. Selain pembagian sertifikat wakaf, ada lomba olahraga, jalan sehat kerukunan umat beragama, pengajian pejabat dan tasyakuran HAB, bakti sosial dan upacara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement