Advertisement

Ini Lho..Makna Patung Bregada Memegang Karung di Malioboro yang Sempat Bikin Heboh

Rahmat Jiwandono
Jum'at, 04 Januari 2019 - 22:03 WIB
Bhekti Suryani
Ini Lho..Makna Patung Bregada Memegang Karung di Malioboro yang Sempat Bikin Heboh Patung Bregada yang tombaknya hilang diganti dengan karung di Jalan Malioboro. / istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Patung prajurit Mataram alias bregada yang dinamai Bedjokarto di Kawasan Malioboro ternyata punya filosofi tersendiri saat dirancang sejumlah seniman dalam dan luar negeri.

Patung tersebut sebelumnya sempat bikin heboh. Pasalnya menurut salah satu pengusaha Malioboro, Budi, patung tersebut semula membawa tombak di tangannya bukan karung seperti yang terlihat saat ini. Ia mengaku tak tahu siapa orang yang usil mengganti tombak tersebut dengan karung warna hijau.

Advertisement

Namun setelah diklarifikasi ke kurator patung, Roby Setiawan, dipastikan bahwa sejak awal ditempatkan di Malioboro, patung tersebut memang tidak dirancang membawa tombak melainkan karung warna hijau.

Roby pun menjelaskan, patung bregada tersebut dinamai Bedjokarto. Patung ini dibuat oleh sejumlah seniman lokal dan luar negeri yaitu Duvart Angelo, Febrianto Tri Kurniawan, dan Faisal Aditya.

Proses pengerjaan patung tersebut kurang lebih sekitar satu bulan pada Desember lalu. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat patung itu dinilainya cukup mahal.

"Kebetulan kami dapat sponsor sekitar Rp100 juta," ujar Roby kepada Harianjogja.com, Jumat (4/1/2019).

Roby Setiawan menambahkan, Patung Bedjokarto adalah bentuk ekspresi seniman Jogja dan seniman luar negeri terhadap segala permasalahan yang terjadi selama 2018.

Terlebih lagi pada 2019 ini memasuki tahun politik, diharapkan warga Jogja bisa menjaga serta merawat kedamaian di Jogja.

Patung Bedjokarto mempunyai makna Bedjo dan Karto. Di dalam bahasa Jawa Bedjo berarti untung, sedangkan Karto artinya aman.

Bagi Roby patung bregada yang membawa karung dapat diartikan, semua kejadian yang tidak baik di Jogja dimasukkan ke dalam karung berwarna hijau tersebut.

Namun menurutnya jika masyarakat mau menafsirkan hal lain dari keberadaan karung tersebut sah-sah saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement