Advertisement

Rp86 Miliar Bantuan PKH Digelontorkan untuk Warga Sleman

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 08 Januari 2019 - 11:50 WIB
Bhekti Suryani
Rp86 Miliar Bantuan PKH Digelontorkan untuk Warga Sleman Ilustrasi dana atau anggaran. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Berdasarkan data dari Dinas Sosial (Dinsos) Sleman selama 2018 sudah ada 51.511 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sleman yang menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Di tahun ini, direncanakan sistem pemberian bantuan PKH akan diubah.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Sosial Dinsos Sleman Suparmono mengatakan tiap bulannya Dinsos Sleman mendata jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan PKH di Sleman. Data terakhir di 2018 total ada 51.511 KPM yang menerima bantuan PKH.

Advertisement

Sementara, total anggaran yang dikeluarkan selama 2018 untuk program PKH di Sleman sebanyak Rp86 miliar. "PKH diberikan per tiga bulan dan langsung dari Pemerintah Pusat ke KPM. Sementara kalau pengawasannya dilakukan oleh pendamping," jelas Suparmono pada Senin (7/1/2018).

Ia mengatakan, di Sleman sendiri, ada 180 pendamping yang mendampingi sekitar 300an KPM. Setiap KPM menerima sekitar Rp1,9 juta dalam satu tahunnya.

Menurut Suparmono, di tahun ini akan ada perubahan sistem dalam penyaluran PKH. Sebelumnya, pencairan dana PKH tidak didasarkan pada berapa komponen PKH di KPM tersebut. Lalu, tahun ini, pencairan akan dilakukan dengan mempertimbangkan komponen yang ada di KPM.

Komponen tersebut akan menentukan nominal dari bantuan PKH. Beberapa komponen antara lain KPM yang mempunyai anak sekolah dari TK sampai SMA, ibu hamil menyusui, disabilitas, dan lansia.

"Sebelumnya kan mau dia punya dua komponen atau satu komponen saja, bantuannya sama sekitar Rp1,9 juta. Tapi tahun ini antara yang komponennya dua sama yang hanya ada satu komponen saja akan beda," jelas Suparmono.

Sementara untuk tahun ini, pemberian nominal bantuan PKH sama merata tiap KK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement