KPU Sleman Bentuk Sukarelawan Demokrasi

Foto ilustrasi. - Bisnis Indonesia
09 Januari 2019 21:15 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebagai salah satu upaya mencapai target partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman akan membentuk sukarelawan demokrasi.

Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi, mengatakan jajarannya bakal melakukan penetrasi langsung ke masyarakat dalam menyosialisasikan gelaran pemilu yang tinggal tiga bulan lagi. "Kami akan membentuk sukarelawan demokrasi yang beranggotakan masyarakat. Pembentukan kami rencanakan di akhir Januari," ujar Trapsi saat ditemui Harian Jogja, Rabu (9/1/2019).

Trapsi mengatakan sukarelawan demokrasi direkrut agar mengajak semua lapisan masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menggunakan suaranya. "Akan ada tugas-tugas yang spesifik, kami menyiapkan bahan, kegiatan dan infrastuktur," kata Trapsi.

Ia mengatakan sukarelawan demokrasi didukung oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai di tingkat desa. Menurutnya sukarelawan demokrasi merupakan upaya KPU Sleman dalam mencapai target partisipasi pemilih.

Dalam gelaran Pemilu 2019 KPU Sleman menargetkan partisipasi pemilih mencapai 82%. Capaian partisipasi pemilu di Sleman pada gelaran Pemilu 2014 lalu yaitu 81%.