Advertisement

Komunitas Geografi Usul Pelajaran Geografi Diajarkan Mulai SD

Laila Rochmatin
Jum'at, 11 Januari 2019 - 09:10 WIB
Laila Rochmatin
Komunitas Geografi Usul Pelajaran Geografi Diajarkan Mulai SD Siswa SMA Muhammadiyah 2 Jogja dan sejumlah siswa dari sekolah lain mengikuti teleconference kebencanaan, Jumat (19/10/2018). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Komunitas Geografi di Indonesia mengusulkan mata pelajaran geografi sebagai pelajaran wajib dalam pendidikan dasar dan menengah.

Rekomendasi tersebut mengemuka dalam Lokakarya Nasional Geografi dan Pendidikan Kebencanaan yang diselenggarakan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Geografi (Forpimgeo), Ikatan Geograf Indonesia (IGI) dan Fakultas Geografi UGM, Kamis (10/1/2019) di Fakultas Geografi UGM. Kegiatan tersebut dihadiri puluhan peserta dari 16 perguruan tinggi di Indonesia serta perwakilan guru TK, SD, SMP, dan SMA di beberapa daerah.

Advertisement

Ketua IGI Prof. Hartono menyampaikan kebutuhan menjadikan mata pelajaran geografi pada pendidikan dasar dan menengah menjadi sebuah kebutuhan yang harus segera dilakukan. Sebab, pendidikan kebencanaan kepada masyarakat di Indonesia saat ini secara sistematis belum menyentuh setiap warga bangsa.

Upaya menyentuh seluruh individu bangsa, kata dia, dapat dilakukan melalui jalur pendidikan formal. Sayangnya, saat ini kurikulum pendidikan dasar dan menengah belum banyak memuat pendidikan kebencanaan. Sementara di tingkat SMA, pendidikan geografi belum diberikan pada semua individu. Hanya kelas IPS yang mendapatkan pelajaran geografi yang di dalamnya terdapat materi kebencanaan.

Hal ini berbeda dengan kondisi pendidikan di 11 negara maju di dunia, seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Australia, Finlandia, Prancis, Hungaria, Belanda, Selandia Baru, dan Singapura. Negara-negara tersebut mengajarkan wajib materi geografi dan sejarah masing-masing negara sebagai dasar wawasan setiap negara.

Padahal, Indonesia negara yang rawan bencana karena berada dalam posisi geografis ring of fire dunia. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2018 mencatat jumlah bencana pada 2018 sebanyak 1.999 kejadian dengan korban jiwa tercatat terbanyak sejak 2007. Sementara pada 2019 Indonesia diprediksi akan mengalami kejadian bencana hingga 2.500 kejadian.

Upaya meminimalkan korban jiwa dan kerugian negara, kata dia, harus menjadi fokus utama. Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kapasitas masyarakat dan menurunkan kerentanan. Strategi efektif dapat melalui pendidikan kebencanaan terhadap generasi muda.

“Solusinya mewajibkan mata pelajaran geografi pada pendidikan dasar dan menengah seperti pada kurikulum 1994,” kata dia.

Dikatakan Hartono, isu ini menjadi poin utama dalam policy brief yang disusun oleh beberapa komunitas maupun lembaga, seperti Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang geografi, Ikatan Geograf Indonesia (IGI), Perkumpulan Profesi Pendidik Geografi Indonesia (P3GI), Ikatan Geografiawan Gadjah Mada (IGEGAMA), Fakultas Geografi UGM, Pusat Studi Bencana Alam UGM, Klinik Lingkungan dan Mitigasi Bencana Fakultas Geografi UGM.

Hartono menyampaikan pada tingkat SD pendidikan kebencanaan bisa dimasukkan dalam tema lingkungan dan alam sekitar. Sedangkan tingkat SMP, dapat dimasukkan ke dalam mata pelajaran IPS. Sementara mata pelajaran geografi di SMA telah mengajarkan pendidikan kebencanaan dan mitigasi bencana. “Perbedaannya terletak pada pemahaman proses mitigasi dan tanggap darurat bencana,” katanya.

Tak hanya itu, pelajaran geografi perlu dimasukkan pada pendidikan dasar dan menengah karena adanya dukungan guru geografi yang telah dibekali materi kebencanaan baik saat di perguruan tinggi, komunitas MGMP, IGI, dan lainnya. Ditambah dengan dukungan fasilitas laboratorium geografi SMA yang dilengkapi dengan berbagai alat peraga untuk menjelaskan fenomena bencana.

“Materi pendidikan kebencanaan bukan hanya bencana alam, tetapi juga bencana sosial harus menjadi bagian dari misi besar tentang materi wawasan nusantara melalui mata pelajaran geografi Indonesia,” jelas Hartono.

Dirjen Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti Muhammad Dimyati dalam kesempatan tersebut menyambut baik upaya yang dilakukan oleh komunitas geografi di Indoensia yang telah menyusun policy brief untuk menjadikan pelajaran geografi sebagai roh pendidikan kebencanaan.

“Policy brief ini akan bagus jika disampaikan ke pembuat kebijakan dan bisa menjadi sebuah kebijakan nasional,” kata dia.

Dia mendorong pada komunitas geografi di Indonesia untuk segera menyampaikan rekomendasi tersebut kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan demikian, rekomendasi yang disusun dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement