Advertisement

Polemik Penghapusan SKTM untuk Masuk Sekolah, Ini Pernyataan Sultan HB X

Sunartono
Jum'at, 11 Januari 2019 - 22:50 WIB
Bhekti Suryani
Polemik Penghapusan SKTM untuk Masuk Sekolah, Ini Pernyataan Sultan HB X Sri Sultan hamengku Buwono X-Gubernur DI.Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan daerah sebaiknya diberikan kewenangan secara mandiri untuk mengurus siswa dari kalangan tidak mampu. Hal itu disampaikan ketika menanggapi rencana pemerintah pusat menghapus jalur surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019.

HB X mengatakan daerah juga memiliki wewenang untuk membantu masyarakat tidak mampu termasuk pemegang SKTM. Begitu juga dengan sekolah negeri ada kebijakan atau tidak sehingga Pemda memiliki celah untuk membantu warga tidak mampu dalam menempuh pendidikan.

Advertisement

Namun, HB X berharap pelu ada rekomendasi dari sekolah atau pihak terkait untuk memberikan bantuan kepada suatu siswa pemegang SKTM.

"Misalnya ya bukan dari awal surat keterangan [ tidak mampu] tetapi setelah masuk bisa mengajukan permohonan [untuk mendapatkan bantuan]. Karena masuk universitas saja bisa bagi yang tidak mampu. Setelah masuk dia tidak mampu membayar bantuan uang gedung," terangnya Jumat (11/1/2019).

Sultan menegaskan penjaringan siswa pemegang SKTM bisa dilakukan melalui survei. Mungkin dari sisi Kemendikbud lebih transparan, tetapi begitu diterima sebagai siswa jika benar-benar miskin maka pihak di internal sekolah atau lingkungan rumah dapat memberikan bantuan. "Itu daerah bisa mengambil inisiatif membantu warga masyarakat kan boleh," ujarnya.

HB X menambahkan dalam membantu siswa miskin tidak harus selalu ditentukan pusat karena daerah juga memiliki kewenangan membantu sehingga seharusnya bisa dilakukan daerah saja. "Kalau negeri ya semua sudah difasilitasi, kalau swasta kita kan nggak bisa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement