Advertisement

Pemkab Gunungkidul Serius Bangun Kantor Pemerintahan Terpadu

David Kurniawan
Minggu, 13 Januari 2019 - 13:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Pemkab Gunungkidul Serius Bangun Kantor Pemerintahan Terpadu Logo Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemkab Gunungkidul memiliki wacana untuk membangun kantor pemerintahan terpadu di satu kompleks. Rencanananya kompleks pemerintahan ini berada di Desa Siraman, Kecamatan Wonosari.

Adapun pembangunan kompleks akan dimulai tahun ini dengan dibangunnya kantor BPBD Gunungkidul. Untuk pembangunan tersebut, pemkab mengalokasikan anggaran Rp4 miliar.

Advertisement

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Drajad Ruswandono mengatakan, wacana membangun gedung pemerintahan di satu kompleks sudah dimulai sejak tahun lalu. Hal ini ditandai dengan penyusunan masterplan kompleks kantor pemerintahan terpadu di Desa Siraman.

“Sudah dan di tahun ini mulai dibangun,” katanya, Sabtu (12/1/2019).

Dia menjelaskan, pembangunan kompleks ini dilakukan karena beberapa pertimbangan. Selain untuk memudahkan akses pelayanan ke masyarakat, juga berdasar lokasi sejumlah kantor pemerintahan berada di jalur utama sehingga memiliki risiko keselamatan yang harus diperhatikan.

“Ada banyak, seperti dinas sosial, DPUPRKP, disnakertrans, koperasi dan UKM, Bappeda hingga dinas pariwisata. Nanti ke depannya, kantor-kantor ini kita pindah secara bertahap ke kompleks pemerintahan di Siraman,” ungkapnya.

Menurut Drajad, pemindahan ini juga bermanfaat dari potensi bisnis. Pasalnya pemkab memiliki aset bangunan yang sangat strategis.

“Ke depan mungkin bisa dimanfaatkan untuk membangun mal, gedung bioskop hingga perhotelan. Jika ini bisa diwujudkan, maka PAD yang diperoleh bisa ditingkatkan,” kata mantan Sekretaris DPRD DIY ini.

Kepala Bidang Cipta Karya, DPUPRKP Gunungkidul Agus Subaryanto mengatakan, di tahun ini pihaknya mengagendakan pembangunan kantor BPBD di Desa Siraman. Pembangunan ini membutuhkan anggaran sekitar Rp4 miliar.

“Sudah siap dan anggaran juga sudah masuk di APBD 2019,” katanya.

Menurut dia, pembangunan gedung BPBD merupakan tahap awal karena ke depannya gedung-gedung lain akan dibangun di lokasi yang berdekatan dengan gedung Balai Latihan Kerja Gunungkidul. Agus mengungkapkan, seluruh kantor pemerintahan di Bangsal Sewokoprojo seperti Satpol PP, dinas kebudayaan, dinas komunikasi dan informatika juga akan dipindah ke kompleks ini.

“Tahun ini, kami sedang merencanakan penyusunan DED untuk kantor Satpol PP,” kata Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement