Advertisement

Pemuda Warga Giripeni Ancam Bikin Demonstrasi

Jalu Rahman Dewantara
Senin, 14 Januari 2019 - 15:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pemuda Warga Giripeni Ancam Bikin Demonstrasi Ilustrasi dana atau anggaran. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sejumlah orang yang mengatasnamakan diri Paguyuban Pemuda Pecinta Giripeni mendesak Pemerintah Desa Giripeni, Kecamatan Wates untuk transparan dalam proses penyelesaian masalah terhadap Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Binangun Mandiri di Desa Giripeni.

Ketua Paguyuban Pemuda Pecinta Giripeni, Andreas Pramono, mengatakan pihaknya menuntut pemerintah desa untuk segera membuat surat keterangan resmi menyoal permasalahan ini agar dapat diumumkan kepada masyarakat. Jika dalam jangka waktu 1x24 jam hal itu tidak dilakukan, maka pihaknya mengancam akan melakukan aksi unjuk rasa di Balai Desa Giripeni.

Advertisement

"Kami mendesak desa dalam 1x24 jam jika tidak ada keterangan tertulis yang bisa kami sampaikan ke warga kami akan gelar demo besar-besaran," ucap Pramono, usai mendatangi Balai Desa Giripeni, Kecamatan Wates dalam upaya menuntut transparansi persoalan LKM Perumdes Binangun Mandiri Giripeni, Senin (14/1/2019).

Dia menjelaskan permasalahan LKM ini sudah berlangsung sejak 2014 hingga sekarang. Dana nasabah yang hilang memantik dugaan penggelapan oleh pengurus lama. Hal ini ditambah dengan proses penyelesaian yang menurutnya hanya melibatkan audit Inspektorat Daerah (Irda) Kulonprogo tanpa menyertakan laporan kepolisian ihwal penyelewangan dana.

Kepala Desa Giripeni, Priyanti, mempersilakan jika warga mau demo karena hal itu merupakan hak mereka. Namun dia menegaskan ihwal transparansi, sudah dilakukan jawatannya. Pihaknya juga telah mengirim surat hasil laporan tim penyelamat Desa Giripeni terkait upaya penyelesaian masalah ini ke Dewan Pembina, Irda Kulonprogo, Polres Kulonprogo serta Camat. Dalam surat tersebut mencantumkan Neraca per 31 Desember 2018 dan klarifikasi pinjaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemberantasan Judi Online, Pakar Keamanan Siber: Penegakan Hukum Harus Maksimal

News
| Sabtu, 20 April 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement