Advertisement

Kanwil DJPb DIY Beri Edukasi APBN 2019 di SMP Negeri 1 Yogyakarta

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 16 Januari 2019 - 11:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kanwil DJPb DIY Beri Edukasi APBN 2019 di SMP Negeri 1 Yogyakarta Siswa SMPN 1 Yogyakarta berfoto bersama pegawai Kanwil DPJb DIY, Selasa (15/1 - 2019). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Dalam rangka Hari Bhakti perbendaharaan yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2019, Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) DIY melakukan beberapa kegiatan, di antaranya ‘Perbendaharaan Menyapa”, “Perbendaharaan Peduli”, “Perbendaharaan Berbagi” dan “Perbendaharaan Sehat”

Hari Bakti Perbendaharaan 2019 mengambil tema “Tingkatkan Sinergi untuk Kemakmuran Negeri”. Sinergi, baik internal DJPb maupun pihak-pihak eksternal, penting untuk ditingkatkan dalam rangka mendukung posisi DJPb dalam menjalankan fungsi perbendaharaan dan sebagai representasi Kementerian Keuangan di daerah.

Advertisement

Mengawali Hari Bakti 2019, dilaksanakan “Perbendaharaan Menyapa” pelajar di SMP Negeri 1 Yogyakarta pada Selasa (15/1/2019). Kegiatan  ini bertujuan mengedukasi mengenai peran DJPb dan Kementerian Keuangan serta mengenalkan APBN dan  program-program strategis pemerintah kepada para pelajar.

Kepala Sekolah, Ibu Niken Sasanti menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh Kanwil DJPb DIY ini dan berharap agar para pelajar dapat menggali lebih dalam tentang pengelolaan keuangan negara.

Pada sesi pemaparan materi, Kepala Kanwil DJPb DIY Heru Pudyo Nugroho menyampaikan mengenai APBN 2019 dalam format yang ringan dan komunikatif untuk memudahkan para pelajar memahami materi. Materi yang  disampaikan adalah mengenai alur  penyusunan APBN 2019 di mana Pemerintah bersama DPR membahas dan menyepakati APBN 2019 dengan memperhatikan pertimbangan DPD RI, yang telah dimulai sejak Januari 2018 hingga pada penetapan dan penyerahan DIPA pada 11 Desember 2018.

APBN 2019 bertemakan “APBN untuk mendorong investasi dan daya saing melalui pembangunan sumber daya manusia”. "Postur APBN 2019 sehat, adil dan mandiri yang antara lain ditandai defisit anggaran terendah sejak 2013 dan pembiayaan utang menurun. Belanja negara juga semakin produktif yang ditunjukkan dengan adanya reformasi belanja negara untuk mendukung daya saing, ekspor, dan investasi," kata Heru, Rabu (16/1/2019).

Selain itu penerimaan negara dalam APBN 2019 terus dioptimalkan serta memperkuat belanja untuk bencana alam dan mempercepat pembangunan daerah. Para pelajar juga diajak untuk memahami pendapatan negara yang ditetapkan Rp2.165,1 triliun, besaran belanja APBN 2019 yang mencapai  Rp2.461,1 triliun, dan defisit yang dibiayai melalui pembiayaan anggaran sebesar Rp296 triliun.

Pada sesi pemaparan materi yang kedua, Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I, Kanwil DJPb DIY Sri Nuryati menyampaikan Pengelolaan Keuangan Negara dan Peran DJPb. Masih dalam format yang informal, para pelajar diberikan pemahaman mengenai perbendaharaan negara sebagai pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara, termasuk investasi dan kekayaan yang dipisahkan, yang ditetapkan dalam APBN dan APBD. 

Selain itu juga dijelaskan mengenai organisasi DJPb, meliputi tugas dan fungsi, visi dan misi, para pejabat di Kantor Pusat serta mengenalkan instansi vertikal DJPb di daerah. Para pelajar sangat antusias mengikuti kegiatan Perbendaharaan Menyapa sehingga banyak pertanyaan yang diajukan. Acara tersebut diakhiri dengan sesi foto bersama para pelajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement