Advertisement

Lelang Jabatan Selesai, Bupati Belum Tentukan Pilihan

David Kurniawan
Rabu, 16 Januari 2019 - 19:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Lelang Jabatan Selesai, Bupati Belum Tentukan Pilihan ILustrasi lelang jabatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Panitia Seleksi (Pansel) Lelang Jabatan Tinggi Pratama di Pemkab Gunungkidul telah menyerahkan kandidat pemenang ke Bupati. Namun hingga Rabu (16/1/2019), Bupati Gunungkidul Badingah belum menentukan lima pejabat yang akan menduduki jabatan yang kosong. “Belum saya pilih,” kata Badingah kepada wartawan, Rabu.

Menurut dia, alasan belum menentukan siapa yang akan mengisi jabatan yang kosong karena hasil lelang masih dikonsultasikan ke Pemerintah Pusat. Badingah mengaku masih menunggu hasil konsultasi tersebut. “Masih dikoordinasikan karena setiap kandidat akan diteliti oleh Komisi Aparatur Sipil Negara [KASN]. Nanti kalau hasilnya sudah ada, baru saya pilih siapa yang akan menduduki jabatan kosong,” katanya.

Advertisement

Meski demikian, Badingah berjanji akan memilih berdasarkan hasil lelang, rekam jejak dan kemampuan yang dimiliki. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesan pelaksanaan lelang hanya sebatas formalitas. “Nanti pada saatnya akan kami umumkan, tapi untuk sekarang belum menentukan pilihan karena masih dikonsultasikan,” kata Badingah.

Ketua Pansel Lelang Jabatan Tinggi Pratama Pemkab Gunungkidul, Drajad Ruswandono, mengatakan tugas tim untuk menggelar lelang jabatan sudah selesai. Hal ini dibuktikan dengan diserahkannya tiga nama kandidat di setiap lowongan kepada Bupati. “Sudah selesai dan Bupati tinggal menentukan siapa yang akan dipilih,” kata Drajad, Rabu.

Menurut dia di dalam pemilihan tidak langsung bisa dipilih karena harus dikonsultasikan dengan KASN. Selain itu khusus untuk lowongan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) harus mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri. “Aturannya seperti itu, tetapi mudah-mudahan paling lambat akhir bulan [Januari] sudah diketahui hasil lelang seperti apa,” kata pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Gunungkidul ini.

Untuk diketahui, dalam proses lelang jabatan yang dibuka akhir 2018 ada lima jabatan tinggi pratama yang dilelangkan. Pada saat pendaftaran ada 27 peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi. Selanjutnya, para peserta harus melalui tahapan tes kompetensi, wawancara, rekam jejak hingga tes kesehatan. “Setelah semua tahapan tes dilalui, pansel menentukan tiga kandidat di setiap lowongan untuk diserahkan ke Bupati,” kata Drajat Ruswandono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement