Advertisement

Bantuan Pangan Nontunai, Jumlah KPM Tahun Ini Bertambah

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 16 Januari 2019 - 20:00 WIB
Galih Eko Kurniawan
Bantuan Pangan Nontunai, Jumlah KPM Tahun Ini Bertambah Ilustrasi BPNT. - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) pada tahun ini bertambah 3.793 KPM. Di tahun lalu ada 47.233 KPM sedangkan tahun ini meningkat jadi 51.026 KPM.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kulonprogo Eko Pranyoto mengungkapkan untuk tambahan 3.793 KPM tersebut, instansinya menargetkan akan bisa disalurkan di bulan ini.

Advertisement

Sebelum 3.793 KPM menerima BPNT, terlebih dahulu harus diberi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk bertransaksi. “Tiap bulannya warga bisa bertransaksi menggunakan KKS di e-Warong,” ungkapnya, Rabu (16/1/2019).

Tiap bulannya masing-masing KPM mendapat BPNT Rp110.000 dari pemerintah. Di Kulonprogo sudah terdapat 111 e-Warong dan ditargetkan akan ditambah lagi. Ditargetkan satu e-Warong melayani sampai 500 KPM.

KPM sudah bisa bertransaksi menggunakan KKS sejak Juli tahun lalu. Dalam pelaksanaannya, terkadang KPM terkendala masalah teknis dalam bertransaksi. Mereka terkadang salah nomor informasi pribadi (PIN), saldo keliru serta sinyal jelek.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos P3A Kulonprogo Abdul Kahar mengatakan kantornya turut mendorong e-Warong agar bisa menyediakan pangan bagi KPM dengan kualitas baik. “Setiap bulannya diharapkan KPM bisa bertransaksi sesuai kebutuhan. Tiap bulannya maksimal bisa bertransaksi Rp110.000. Kalau tidak bertransaksi, data KPM-nya bisa berubah, bisa tidak tercatat lagi sebagai KPM,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement