Advertisement

Sosialisasikan Kesiagaan Bencana, BPBD Jogja Bidik Enam Sekolah

Uli Febriarni
Kamis, 17 Januari 2019 - 15:20 WIB
Arief Junianto
Sosialisasikan Kesiagaan Bencana, BPBD Jogja Bidik Enam Sekolah Ilustrasi simulasi bencana alam. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak enam sekolah di wilayah Kota Jogja bakal jadi sasaran utama sosialisasi terkait dengan kewaspadaan menghadapi bencana alam. Dari keenam sekolah, jenjang sekolah menengah pertama (SMP) bakal jadi prioritas.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jogja, Hari Wahyudi mengatakan sosialisasi tersebut perlu dilakukan agar siswa nantinya memiliki kesiapsiagaan saat menghadapi bencana, khususnya bencana alam. Sayangnya, hingga kini BPBD Jogja belum memastikan sekolah mana yang akan disasar.

Advertisement

Meski begitu, Hari berharap peserta sosialisasi nantinya bisa berasal dari segala jenjang, mulai dari taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD) hingga SMP. "Orientasi kami, maksimum sekolah menengah pertama lah, terutama sekolah negeri," ungkapnya, Kamis (17/1).

Menurut dia, kewaspadaan terhadap bencana membutuhman komitmen dari manajemen sekolah. Dalam artian, yang terlibat dalam kesadaran kesiapsiagaan bencana bukan hanya murid. Melainkan juga guru, kepala sekolah, TU, satpam dan lainnya.

Karena mereka adalah pihak-pihak yang relatif lama tinggal di sekolah ketimbang murid, yang akan naik kelas kemudian meninggalkan sekolah. “Lah kalau siswa kan hanya ada di sekolah setidaknya tiga tahun,” ucap Hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

UU DKJ Disahkan, Sebentar Lagi Jakarta Bakal Melepas Status Ibu Kota

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement