Advertisement

KPU Gunungkidul Rekrut Relawan Demokrasi

Rahmat Jiwandono
Kamis, 17 Januari 2019 - 00:17 WIB
Sunartono
KPU Gunungkidul Rekrut Relawan Demokrasi Salah seorang pegawai dari Sekretariat KPU Gunungkidl sedang menunjukan kotak suara untuk Pemilu 2019 di dalam Rapat Koordinasi dan Sosialisasi DPTb di Ruang Pertemuan BPR Dana Insani, Kamis (13/12/2018). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSARI - KPU Gunung Kidul membentuk relawan demokrasi guna menyasar kelompok tertentu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019.

Kelompok tersebut mulai dari pemilih pemula, penyandang disabilitas, kaum perempuan, kelompok masyarakat marjinal, kelompok yang mempunyai kebutuhan khusus hingga organisasi keagamaan. Relawan demokrasi itu nantinya akan disebar pada 18 kecamatan di Gunung Kidul.

Advertisement

Kepala Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisi Masyarakat KPU Gunungkidul Supami mengatakan pendaftaran relawan demokrasi ditutup pada Selasa (15/1) sampai pukul 16.00 WIB. Ia menuturkan hingga jelang penutupan pendaftaran sudah ada 60 orang yang mendaftar untuk menjadi relawan demokrasi. 

"Dari pendaftar 60 orang ini, nanti akan kami saring menjadi 55 orang saja," kata Supami kepada Harian Jogja, Selasa (15/1/2019). 

Ia menambahkan ada beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh KPU untuk bisa menjadi calon relawan demokrasi. Antara lain, calon relawan harus sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), latar belakang pendidikan minimal SMA, tidak berafiliasi dengan partai politik tertentu dan membuat surat pernyataan tidak pernah tersandung kasus hukum. Selanjutnya para calon relawan demokrasi yang lolos seleksi administrasi akan mendapat panggilan untuk diwawancara. 

Pihaknya merencanakan pada Kamis (17/1/2019) para relawan itu akan melakukan edukasi terkait dengan segala pelaksanaan pemilu. "Diharapkan upaya yang dilakukan oleh KPU ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk datanug ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 yang akan datang," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement