Advertisement

Daerah Perbatasan di Gunungkidul Segera Dipasangi CCTV

David Kurniawan
Kamis, 17 Januari 2019 - 20:15 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Daerah Perbatasan di Gunungkidul Segera Dipasangi CCTV Logo Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULDinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul berencana memasang closed circuit television (CCTV) di kawasan perbatasan. Pemasangan ini sebagai upaya pengawasan wilayah.

Kepala Bidang Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfo Gunungkidul, Kelik Yuniantoro, mengatakan jajarannya mulai mempersiapkan rencana pemasangan CCTV di wilayah perbatasan. “Kami sudah berkoordinasikan dan mudah-mudahan rencana ini bisa segera direalisasikan,” katanya kepada wartawan, Kamis (17/1/2019).

Advertisement

Menurut dia berdasarkan pendataan yang dilakukan pemasangan CCTV rencananya dilakukan di 12 titik. Untuk alokasi anggaran, Kelik mengakui sudah menyiapkan. “Kami belum bisa memastikan berapa alokasi anggaran yang disiapkan. Yang jelas tahun ini kami akan mulai memasang CCTV,” kata mantan Sekretaris Camat Rongkop ini.

Kelik menambahkan pemasangan CCTV di wilayah perbatasan memiliki banyak manfaat. Selain pemantauan keamanan dan pantauan arus kepadatan lalu lintas yang masuk ke Gunungkidul, fasilitas ini juga bermanfaat untuk mengawasi perilaku negatif di kalangan remaja. Pasalnya selama ini banyak desas-desus tentang perilaku negatif di Taman Patuk yang berbatasan dengan wilayah Bantul. “Kalau ada CCTV tindakan negatif ini bisa dicegah karena bisa diawasi dari jarak jauh,” katanya.

Selain pemasangan CCTV, rencananya di kawasan perbatasan juga akan dilengkapi fasilitas Wifi. Akses ini selain mendukung operasional CCTV juga dapat dimanfaatkan masyarakat di sekitar. Menurut dia, fasilitas ini akan sangat bermanfaat karena di beberapa titik perbatasan seperti Patuk, Semin dan Ngawen sudah dilengkapi taman. “Mudah-mudahan inovasi yang kami lakukan bisa memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat,” katanya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Gunungkidul, Dwi Winasto, mendorong Pemkab untuk mengembangkan smart city. Menurut dia program yang memanfaatkan perkembangan dan teknologi sudah banyak diterapkan di berbagai daerah. Oleh karena itu dia ingin agar Gunungkidul menerapkan hal yang sama. “Smart city memang harus dikembangkan,” katanya.

Dwi menjelaskan program smart city memberikan banyak manfaat, salah satunya memberikan akses yang mudah kepada masyarakat sehingga kualitas layanan yang dimiliki Pemkab bisa terus ditingkatkan. “Harapan kami dengan memanfaatkan teknologi Gunungkidul bisa semakin maju,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement