Advertisement

NYIA Bakal Tingkatkan Perekonomian DIY-Jateng

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 20 Januari 2019 - 09:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
NYIA Bakal Tingkatkan Perekonomian DIY-Jateng Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo (kiri) bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution (kanan) tengah mendengarkan pemaparan progres pembangunan NYIA di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Sabtu (19/1/2019). Harianjogja - Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution optimistis dibukanya New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo akan berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi di DIY dan Jawa Tengah khususnya di sektor pariwisata.

Optimisme itu disampaikan mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut saat meninjau progres pembangunan NYIA di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, Sabtu (19/1/2019). Darmin mengatakan khusus untuk wilayah DIY, pariwisata akan dengan cepat berkembang dibanding saat sebelum adanya NYIA.

Advertisement

"Pariwisata akan dengan cepat berkembang, jauh lebih cepat dibandingkan yang kita alami sejauh ini," ucap Darmin kepada awak media di sela-sela peninjauan pembangunan NYIA di Kecamatan Temon, Kulonprogo, Sabtu.

Perkembangan ini, menurut Darmin karena NYIA dapat menampung pesawat berukuran besar atau berjenis Airbus untuk penerbangan internasional, sehingga akan banyak turis asing yang akan berkunjung ke DIY dan sekitarnya.

"Tadinya dari luar negeri pesawat ke Jakarta dulu atau Bali, sekarang di wilayah tengah [DIY] juga ada, Ini [DIY] daerah turisme, mempercepat kunjungan pesawat berbadan lebar internasional ke jogja maka ini akan jadi perkembangan yang baik," jelasnya.

Darmin berharap efek positif beroperasi NYIA juga dapat dirasakan warga lokal khususnya Kulonprogo. Dia ingin pelatihan kerja warga lokal untuk menunjang adanya bandara lebih diintensifkan agar warga Kulonprogo tidak hanya menjadi penonton semata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aniaya Wartawan, Danlanal Ternate Copot Komandan Pos Lanal Hasel

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement