Advertisement

BPBD Bantul Minta Warga Sekitar Sungai Meningkatkan Kewaspadaan

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Senin, 21 Januari 2019 - 17:17 WIB
Sunartono
BPBD Bantul Minta Warga Sekitar Sungai Meningkatkan Kewaspadaan Ketua BPBD Bantul Dwi Daryanto. - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim (ST16)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Hujan lebat yang terjadi akhir-akhir ini mengakibatkan volume air di sungai terutama di wilayah Bantul terus bertambah. Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mengimbau kepada warga yang tinggal di sekitar sungai agar tetap berwaspada.

Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto mengatakan pada musim hujan saat ini beberapa hal yang perlu diwaspadai seperti pohon tumbang hingga tanah longsor. Karena itu pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatan kewaspadaan, terutama yang berada di pinggiran sungai.

Advertisement

“Beberapa hari yang lalu ada pohon yang tumbang sama ada talut sungai yang longsor, pihak kami sudah menghimbau agar warga sekitar sungai tetap waspada, khususnya saat terjadi hujan lebat,” ujar Jumat (18/1/2019).

Ia mnambahkan, talut yang ambrol tersebut terletak di dusun Kalipakem, Seloharjo, Pundong. Pihaknya telah melakukan pemantauan secara langsung di lokasi pada talut yang ambrol tersebut. “Secepatnya dari BPBD akan membuat bronjong, sedangkan  untuk batunya nanti ada swadaya dari masyarakat,” katanya.

Daryanto menyebutkan bahwa ada potensi longsor dan banjir di musim hujan tahun ini. Potensi ancaman banjir yang terjadi, terutama jika di utara puncak Merapi hujan yang berdampak signifikan terhadap sungai-sungai di Bantul.

“Jadi ketika di puncaknya [kawasan merapi] itu hujan lebat tentu saja di Bantul harus siap-siap, ini perlu diwaspadai. Tapi pihak kami sudah melakukan pantauan yang berdasarkan info peringatan dini dari BMKG untuk tanggal 16 hingga 22 Januari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement