Advertisement

Makin Terdesak, Unit Taksi Argo Berkurang

Abdul Hamied Razak
Selasa, 22 Januari 2019 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Makin Terdesak, Unit Taksi Argo Berkurang Ilustrasi taksi online. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Keberadaan taksi konvensional atau taksi beragro terus terdesak. Agar tidak tergerus operasional taksi online yang semakin menjamur, perlu ada strategi khusus yang dilakukan taksi konvensional.

Ketua Koperasi Usaha Taksi Pataga Jogja Suwarjo Chandra mengatakan sejak 2016 lalu perusahaan taksi di Jogja mulai menghadapi menjamurnya taksi online. Meski sudah berkali-kali membahas masalah tersebut dengan pemerintah, namun tidak ada solusi konkrit untuk menyelamatkan perusahaan taksi konvensional.

Advertisement

"Kalau 2016 kami menghadapi badai taksi online, saat ini sudah menghadapi tsunami taksi online," katanya kepada awak media, Senin (21/1/2019).

Kondisi tersebut terjadi setelah beberapa tahun terakhir perusahaan-perusahaan taksi di Jogja terus merugi. Tidak sedikit perusahaan taksi lokal yang mulai menjual sebagian kendaraannya. Selain karena tidak kuat  menekan biaya operasional, keberadaan taksi argo mulai ditinggal oleh pengemudi karena lari diiming-imingi dapat penghasilan besar (taksi online).

"Sejak 2016 taksi online masuk ke DIY, itu memukul taksi argo. Banyak masalah yang muncul sehingga kami mengalami kerugian yang besar. Kondisi itu terjadi sampai saat ini," katanya.

Hal itu diamini oleh Sekretaris KSU Pataga Hadi Hendro. Dia menjelaskan kondisi terpuruk yang dialami taksi konvensional berdampak pada kesulitan melakukan pembinaan SDM. Sebabnya, pembinaan SDM membutuhkan biayanya.

"Kami menyadari, pelayanan adalah nomor satu. Hanya saja upaya peningkatan  pelayanan tidak bisa dilakukan karena kondisi  perusahaan terus terpuruk karena perusahaan terus merugi. Beberapa karyawan juga terpaksa kami rumahkan dulu," katanya.

Dijelaskan Hendro, SK Gubernur DIY terbaru memang membatasi izin untuk taksi konvensional sebanyak 1000 unit. Hanya saja, fakta di lapangan banyak unit taksi berarti yang berguguran. Di Pataga saja, dari 54 unit taksi yang bisa beroperasi hanya 25 unit sisanya nganggur.

"Dari informasi yang kami dapat, dari 1.000 unit taksi konvensional yang diizinkan sesuai SK, hanya 760 unit yang masih jalan, setidaknya sekitar 200 unit sekian yang sudah tidak jalan. Banyak supir taksi yang frustasi karena pendapatannya terus berkurang," katanya.

Kondisi tersebut berdampak pada semakin tingginya beban perusahaan. Omzet KSU terus menurun. Jika sebelum ada taksi online omzet (kotor) KSU tersebut rata-rata Rp420 juta per bulan, jumlahnya terus menurun. Mulai Rp330 juta (2016), Rp253 juta (2017), hingga Rp150 juta (2018) perbulan.

"Kami masih semangat. Kalau tidak melangkah dan melakukan perbaikan, taksi argo akan punah. Makanya kami lakukan kerjasama dengan perusahaan taksi lainnya [Blue Bird] agar bisa memperbaiki pelayanan," katanya.

Kerjasama tersebut dilakukan terutama untuk meningkatkan kapasitas pelayanan. Para sopir taksi yang masih bertahan, dilatih selama lima hari agar mampu memberikan pelayanan terbaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement