Advertisement

Rp10,7 Miliar Disiapkan Untuk Rehab SD di Kulonprogo

Fahmi Ahmad Burhan
Rabu, 23 Januari 2019 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rp10,7 Miliar Disiapkan Untuk Rehab SD di Kulonprogo Ilustrasi rehab bangunan sekolah. Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo menyiapkan anggaran Rp10,7 miliar untuk merehab sejumlah Sekolah Dasar (SD). Rehab diperkirakan baru bisa berjalan di bulan Mei.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikpora Kulonprogo, Suharyono mengatakan sumber pembiayaan rehab tersebut yaitu dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selain itu, untuk tahun lalu, ada juga bantuan dari Pemerintah Pusat yang melibatkan SMK dalam melakukan rehabnya. Namun di tahun ini bantuan tersebut tidak ada.

Advertisement

Tahun ini, dianggarkan Rp10,7 miliar baik dari APBD maupun DAK untuk merehab 19 SD di Kulonprogo. "Survei sudah kita lakukan tahun lalu. Kita juga sudah menentukan SD mana saja di tahun ini yang akan direhab," kata Suharyono pada Harian Jogja, Selasa (22/1/2019).

Ia mengatakan kemungkinan rehab akan mulai berjalan di Mei. Lalu selesai rehab di November. "Ketika saat ini musim hujan rawan longsor, lalu kemudian ketika ada SD yang kondisinya butuh direhab, akan kita masukan dalam rencana rehab di tahun berikutnya atau 2020," ungkap Suharyono.

Menurutnya, dalam merehab SD pihaknya tidak memberikan target jangka panjang berapa SD yang harus direhab. "Terkadang ada SD yang sudah direhab, 10 tahunannya lagi, rusak lagi," ungkapnya.

Dari 19 SD tersebut, jumlah masing-masing anggaran pada SD berbeda-beda tergantung kebutuhan dan tingkat kerusakannya. Ada yang digunakan untuk rehab ruang kelas, ruang guru, ataupun perpustakaan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana SD, Dorojatun Kuncoro mengatakan di tahun ini juga, ada pembangunan relokasi pada tiga SD di Wates yang terkena dampak perbaikan Alun-Alun Wates.

Dibanding tahun lalu, jumlah bantuan di tahun ini relatif lebih sedikit. "Jumlahnya juga relatif sedikit karena tahun lalu, banyak SD yang direhab karena kerusakan yang kecil-kecil," katanya pada Harian Jogja, Selasa.

Pada 2018 kemarin, anggaran yang dibutuhkan Disdikpora Kulonprogo dalam merehab SD sebanyak Rp18,2 miliar untuk 46 SD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement