Advertisement

Tinggal Sehari, UNY Dorong Sekolah Selesaikan Finalisasi PDSS

Herlambang Jati Kusumo
Kamis, 24 Januari 2019 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tinggal Sehari, UNY Dorong Sekolah Selesaikan Finalisasi PDSS Brosur Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PPDS). Harian Jogja/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) merupakan syarat penting agar siswa dapat mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Untuk itu, harus dipastikan bahwa sekolah sudah selesai melakukan finalisasi data di PDSS.

"Jangan sampai, proses pengisian PDSS menghambat kesempatan siswa untuk mengakses pendaftaran SNMPTN," kata Wakil Rektor I UNY, Prof. Margana, Rabu (23/1/2019).

Advertisement

Ia mengatakan sekolah tinggal memiliki waktu satu hari karena finalisasi PDSS akan berakhir besok, Jumat (25/1/2019). "Mohon pihak sekolah segera menyelesaikan proses tersebut,” ujar Margana.

Menurut jadwal, pada 4-25 Januari adalah pengisian dan verifikasi PDSS. Dilanjutkan dengan pendaftaran SNMPTN 2019 pada 4-14 Februari 2019, dan pada 23 Maret adalah pengumuman hasil seleksi.

Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) per Rabu (23/1/2019) pukul 13.00 WIB, ada 101 sekolah di DIY yang belum melakukan entri data PDSS. Meliputi 12 sekolah di Kota Jogja, 13 sekolah di Kulonprogo, 23 sekolah di Sleman, 24 sekolah di Bantul, dan 29 sekolah di Gunungkidul.

Untuk itu, Margana mengimbau sekolah-sekolah yang belum entri data segera menyelesaikan proses tersebut agar tidak merugikan siswa. Demikian pula bagi sekolah-sekolah yang sudah entri dan verifikasi data, dianjurkan untuk segera melakukan finalisasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Alur PDSS 2019.Senada, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY juga mengimbau sekolah segera menyelesaikan pengisian, verifikasi dan finalisasi data di PDSS agar dapat mengikuti SNMPTN. "Secara umum sudah siap untuk SNMPTN. Harapan kami jangan sampai mepet batas akhir untuk yang belum [finalisasi PDSS],” ungkap Kepala Seksi SMA, Bidang Pendidikan Menengah, Dikpora DIY, Yaniari.

Dia berharap pengisian data ini menjadi prioritas sekolah. Sejumlah kendala yang dihadapi sekolah menurutnya relatif berbeda-beda. Ada sekolah yang mengalami kendala saat membuka laman website, kendala terkait Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) atau data siswa di sekolah. Namun ada pula sekolah yang melakukan finalisasi PDSS tanpa kendala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement