Advertisement

Perajin Topeng di Bobung Kesulitan Bahan Baku

Jum'at, 19 April 2013 - 20:30 WIB
Maya Herawati
Perajin Topeng di Bobung Kesulitan Bahan Baku

Advertisement

[caption id="attachment_398566" align="alignleft" width="206"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/04/19/perajin-bobung-kesulitan-bahan-baku-398565/topeng-perajin-gilang-jiwana" rel="attachment wp-att-398566">http://images.harianjogja.com/2013/04/topeng-perajin-Gilang-Jiwana-206x310.jpg" alt="" width="206" height="310" /> Foto Topeng Perajin
JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana[/caption]

GUNUNGKIDUL-Tingginya permintaan kerajinan ukiran dan batik kayu di Dusun Bobung, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul rupanya menimbulkan kesulitan sendiri bagi perajin.

Advertisement

Mereka merasa kewalahan untuk mencari bahan baku kayu untuk membuat kerajinan kayu demi memenuhi permintaan yang terus membengkak.

Supriyadi, salah satu perajin ukiran kayu mengaku saat ini masyarakat perajin cukup kesulitan mencari bahan baku kayu Pule yang berkualitas.

Dulu menurut Supriyadi di sekitar dusun Bobung masih cukup banyak tersedia kayu Pule, tetapi saat ini sudah sulit dicari. Akibatnya, perajin harus mendatangkan bahan baku dari luar daerah seperti dari Tanjungsari dan Saptosari.

“Karena diambil terus dan tidak ada yang menanam lagi akhirnya agak sulit sekarang,” ujar Supriyadi.

Untuk mendatangkan kayu dari kecamatan lain, perajin harus merogoh kocek hingga Rp2juta per rit kayu Pule. Akibatnya mereka terpaksa mengurangi keuntungan.

“Itupun sekarang sudah makin sulit pasokannya. Tapi kalau cuma tahun ini masih cukup,” tambah Supriyadi.

Sakiran, perajin lainnya juga mengaku kesulitan mencari pasokan kayu Pule. Akibatnya perajin terkadang harus mengganti kayu Pule dengan kayu Sengon meskipun pilihan utama tetap pada kayu Pule.

Keuntungan kayu Pule menurut Sakiran adalah pori-porinya yang lebih rapat daipada kayu sengon sehingga lebih mudah dibatik. Selain itu membatik kayu Pule lebih hemat pewarna ketimbang menggunakan kayu sengon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement