PRT Kirim Serbet, Tuntut Pengesahan RUU

03 September 2013 16:32 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

[caption id="attachment_443844" align="alignleft" width="435"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/09/03/prt-kirim-serbet-tuntut-pengesahan-ruu-443827/serbet-antara" rel="attachment wp-att-443844">http://images.harianjogja.com/2013/09/serbet-antara.jpg" alt="" width="435" height="300" /> Ilustrasi aksi demo pembantu rumah tangga (JIBI/Harian Jogja/Antara)[/caption]

Harianjogja.com, JOGJA-Puluhan pekerja rumah tangga dari Jaringan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga dan Buruh Migran menggelar aksi mengirim serbet dan surat ke pemerintah pusat agar segera mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.

"Surat disertai serbet ini dikirimkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pimpinan DPR RI agar segera mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PRT). Kami ingin agar payung hukum ini segera disahkan," kata Sekretaris Jaringan Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (JPPRT) Suyanti, Selasa (3/9/3013).

Surat dan serbet yang dikirim ke pusat tersebut dibungkus dengan amplop besar berwarna coklat. Puluhan pekerja rumah tangga tersebut kemudian mendatangi Kantor Pos Besar Jogja untuk mengirimkan surat tersebut.

Menurut dia, serbet yang dikirim ke pusat tersebut telah ditulisi dengan berbagai keluh kesah dan tuntutan pekerja rumah tangga, yaitu ingin segera memiliki payung hukum dalam menjalankan pekerjaannya.

Sedangkan serbet, lanjut dia, sangat identik dengan pekerja rumah tangga sehingga dipilih sebagai salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan tuntutan kepada pemerintah pusat.