KRITIK WALIKOTA : Seniman Bikin Festival Seni Mencari Haryadi

24 September 2013 09:44 WIB Jogja Share :

[caption id="attachment_450502" align="alignleft" width="314"]http://images.solopos.com/2013/09/haryadi-suyuti-walikota-jogja-2013-DESI-SURYANTO1.jpg">Walikota Jogja, Haryadi Suyuti (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)http://images.solopos.com/2013/09/haryadi-suyuti-walikota-jogja-2013-DESI-SURYANTO1.jpg" width="314" height="235" /> Walikota Jogja, Haryadi Suyuti (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)[/caption]

Harianjogja.com, JOGJA—Kinerja Walikota Jogja Haryadi Suyuti menuai sorotan tak terkecuali dari para seniman.  Mereka bakal menggelar Festival Seni Mencari Haryadi yang akan di gelar mulai 6 Oktober hingga 6 Maret 2014 mendatang.

Agung Kurniawan, perupa yang juga salah satu pencetus kegiatan menuturkan gagasan ini bermula dari seringnya ia mendapat keluh kesah dari para seniman yang merasa tidak puas dengan kepimpinan Haryadi Suyuti.

“Nah, daripada itu hanya sekedar uneg-uneg tidak tersalurkan, kami sepakat menyampaikan kritik melalui ruang media seni. Bagi kami ini cara yang elegan ketimbang harus melakukan demonstrasi,” kata Agung, Senin (23/9/2013).

Festival Seni Mencari Haryadi  sudah diumumkan sepekan lalu melalui situs jejaring sosial. Selain itu juga diumumkan lewat poster. Panitia membuat sedikitnya 250 poster di sejumlah fasilitas umum terutama di titik-titik strategis yang selama ini dijadikan media street art. Lucunya, kata Agung, saat mulai menempelkannya pada Senin, pekan lalu, keesokoan harinya ia mendapati poster-poster itu telah raib.

Agung menduga pencopotan itu sengaja dilakukan oleh sejumlah orang yang tidak menyukai acara seni yang dilakukan oleh para seniman. Pasalnya, beberapa poster lain yang juga dipasang ditempat sama tidak juga ikut dicopot.

“Tapi saya enggak kapok. Besok mau cetak lagi terus dipasang lagi. Kalau tetep dicopot akan saya pasang lagi. Masak kota seni dan budaya melarang seniman menggelar acara seni?” bebernya.

Festival Seni Mencari Haryadi rencananya akan berlangsung hingga lima bulan.  Setiap bulannya, Agung menargetkan ada tiga pentas seni yang dilakukan seniman. Pentas nantinya akan mencakup pertunjukan hingga seni rupa. Seperti pentas teater, musik, ketoprak, pantomime hingga pameran foto.

Festival Seni Mencari Haryadi juga terbuka bagi siapa saja yang berkeinginan untuk menyampaikan uneg-uneg melalui pentas seni. Peserta yang berniat ikut dalam festival ini diminta untuk mengirimkan proposal pentas ke email infomencariharyadi@gmail.com sepanjang festival berlangsung.