Advertisement

Pemilihan Ketua Osis Efektif Kenalkan Pemilu Pada Siswa

Redaksi Solopos
Kamis, 26 September 2013 - 03:30 WIB
Maya Herawati
Pemilihan Ketua Osis Efektif Kenalkan Pemilu Pada Siswa

Advertisement

[caption id="attachment_451041" align="alignleft" width="500"]http://images.harianjogja.com/2013/09/Osis-pemilihan-ketua-osis-ilustrasi-ANTARA-.jpeg">Foto ilustrasi pemilihan ketua osis. Pemilihan ketua osis bisa jadi ajang pengenalan pemilu kepada siswa. (JIBI/Harian Jogja/Antara) http://images.harianjogja.com/2013/09/Osis-pemilihan-ketua-osis-ilustrasi-ANTARA-.jpeg" width="500" height="311" /> Foto ilustrasi pemilihan ketua osis. Pemilihan ketua osis bisa jadi ajang pengenalan pemilu kepada siswa. (JIBI/Harian Jogja/Antara)[/caption]

Harianjogja.com, BANTUL-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, menilai Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang digelar di sekolah efektif untuk mengenalkan program-program Pemilu kepada pemilih pemula di daerah ini.

Advertisement

"Melalui Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos), para siswa melakukan hak politiknya dalam memilih, sehingga sangat efektif untuk mengenalkan program-program Pemilu pada pemilih pemula," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, Budhi Wiryawan, Rabu (25/9/2013).

Oleh sebab itu, menurut dia saat meninjau pelaksanaan Pemilos di SMK Negeri 1 Bantul, diharapkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan partisipasi pemilih terutama dari kalangan pemilih pemula pada proses demokrasi atau Pemilu 2014.

Menurut dia setidaknya ada sekitar 30.000 pelajar dari semua sekolah SMA sederajat di Bantul yang mengikuti pesta demokrasi Pemilos secara serentak di lingkungan sekolah masing-masing.

Selain mengenalkan program-program Pemilu, pesta demokrasi bagi pemilih pemula ini bisa menjadi ajang pelatihan sistem demokrasi dengan mengedepankan politik yang sehat sejak dini.

Menurut dia dalam Pemilos ini juga dibentuk Panitia Pemilihan OSIS (PPO) sebagai penyelenggara pemilihan yang terdiri atas tiga anggota, kemudian Panitia Pengawas Pemilu OSIS (Panwaslos), dan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih).

"Sebelum kegiatan digelar, berbagai tahapan untuk persiapan KPU juga sudah memberikan bimbingan teknis (bimtek) kepada panitia pemilihan di sekolah selaku penyelenggara Pemilos," katanya.

Ia mengatakan kegiatan Pemilos secara serentak di semua SMA/MK ini merupakan tahun kedua penyelenggaraan di Bantul, yang pelaksanaannya masih didampingi secara penuh oleh KPU Bantul.

Akan tetapi, kata dia pada penyelenggaraan tahun berikutnya akan dilaksanakan secara mandiri, sehingga KPU hanya menyiapkan stimulan berupa kotak suara dan bilik suara, sedangkan logistik lainnya disiapkan pihak sekolah.

"Kalau sekarang ini kan masih menggunakan APBD melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbangpol] Bantul, pada 2014 mendatang penyelenggaraan Pemilos sudah disediakan anggaran sebesar Rp200 juta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement