PEMILU 2014 : DPT Gunungkidul Diprediksi Berkurang 1.000 Pemilih

27 September 2013 02:43 WIB Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, Gunungkidul-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, memprediksikan jumlah pemilih pada daftar pemilih tetap Pemilu 2014 masih akan berkurang hingga 1.000 orang.

Anggota KPU Gunung Kidul Muhammad Zaenuri Ikhsan, Kamis, mengatakan jumlah pemilih pada daftar pemilih tetap (DPT) kabupaten ini sebanyak 596.869 orang.

"Kami melalui panitia pemungutan suara (PPS) dan petugas pemilihan kecamatan [PPK] masih terus melakukan validasi data pemilih. Berdasarkan laporan sementara, petugas masih menemukan pemilih ganda sebanyak 900 orang," katanya, Kamis (26/9/2013).

Ia mengatakan KPU Gunung Kidul akan terus melakukan validasi data pemilih hingga 30 September 2013.

Setelah itu, KPU akan melakukan validasi hingga data pemilih benar-benar disahkan pada 13 Oktober 2013.

"Kami harus bekerja keras, supaya DPT benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Saat ini kami melakukan validasi data pemilih di setiap tempat pemungutan suara [TPS]," katanya.

Selain itu, menurut dia, KPU juga melakukan perbaikan jaringan komputerisasi yang digunakan untuk pengisian data pemilih. Jaringan komputerisasi ini juga ikut andil atas kesalahan DPT.

Ia mengatakan jumlah pemilih berkurang sekitar 4.630 orang dari daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) sebanyak 601.449 orang, sehingga setelah divalidasi menjadi 596.869 orang.

"Berkurangnya jumlah pemilih, karena banyak nama ganda yang terdaftar dalam DPSHP. Setelah dilakukan pencoretan, ternyata jumlah pemilih berkurang sebanyak 4.630 pemilih," kata Ikhsan.

Menurut dia, jumlah pemilih di Gunungkidul dimungkinkan masih akan berkurang lagi hingga batas akhir perbaikan DPT.

"Kami melalui PPK terus melakukan validasi dan verifikasi data pemilih di setiap TPS. Jumlah pemilih yang telah ditetapkan sebagai DPT masih sangat berpotensi berkurang signifikan," katanya.

Meski sudah ditetapkan sebagai DPT, kata dia masih dapat dilakukan perbaikan hingga 13 Oktober. "Hal ini sesuai dengan surat edaran KPU Pusat No.619/2013, bahwa pengumuman DPT ditunda hingga 13 Oktober 2013. Pada masa perbaikan DPT ini, kami akan memanfaatkan semaksimal mungkin untuk meminimalisasi kesalahan data pemilih," katanya.