UGM Gelar Lomba Kincir Angin

02 Oktober 2013 15:56 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Universitas Gadjah Mada bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Pemerintah Kabupaten Bantul menggelar Lomba Kincir Angin Indonesia (KKAI) 2013.

Sekretaris Panitia KKAI 2013, Harry Prabowo menjelaskan, perlombaan tahun ini berbeda dengan yang dilaksanakan tahun lalu. Sebab, setiap peserta diminta membuat satu set sistem turbin angin lengkap, terdiri generator, blade (sudu), kontrol, sistem akuisisi data dan Tower.

Adapun peserta lomba, sambungnya, merupakan mahasiswa D3, S1, atau S2 dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Perlombaan tersebut memperebutkan total hadiah senilai Rp70 juta. Rencananya, KKAI 2013 akan digelar pada awal Desember 2013 di pantai Pandansimo, Bantul.

“Setiap tim beranggotakan lima orang dan satu dosen pembimbing. Setiap perguruan tinggi boleh mengirim dua tim. Pelaksanaannya, tanggal 1 hingga 5 Desember,” ujar Harry, Rabu (2/10/2013).

Untuk mengikuti perlombaan ini, lanjut Harry, setiap tim mengirim proposal format soft file PDF ke panitia melalui email 2013kkai@gmail.com. Sedangkan proposal format cetak bisa dikirim ke Direktorat Kemahasiswaan UGM.