KPU DIY Masih bahas Zona Kampanye

03 Oktober 2013 09:43 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama pemerintah kabupaten dan kota di daerah setempat masih membahas penentuan zona pemasangan alat peraga kampanye.

"Sampai saat ini kami masih mengundang perwakilan pemerintah kabupaten dan kota untuk membahas batasan zona peraga kampanye,"kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Hubungan Masyarakat KPU DIY, Farid Bambang Siswantoro, Rabu (2/10/2013).

Menurut dia dalam pertemuan yang dilakukan antara komisioner KPU DIY baru dengan pihak pemerintah kabupaten/kota belum mencapai keputusan akhir penentuan atau pembatasan alat peraga kampanye.

"Balum ada keputusan final. Kami masih akan mengagendakan pertemuan lagi dengan pemerintah setempat,"katanya.

Menurut dia, penentuan zona peraga kampanye sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum baru nomor 15 tahun 2013 membutuhkan kekuatan eksekusi, di mana hal itu sepenuhnya merupakan wewenang bupati atau wali kota.

Sementara itu, menurut dia, dalam tahapan pertemuan yang dilakukan dengan pemerintah kabupaten/kota, KPU tidak memiliki kewenangan untuk turut merumuskan, melainkan hanya memberikan rekomendasi teknis.

"Nanti yang berhak mencabut baliho atau alat peraga kampanye adalah satpol PP. kami hanya memberikan rekomendasi saja,"katanya.