PEMILU 2014 : Ini Syarat Calon Relawan Demokrasi KPU

03 Oktober 2013 15:48 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- http://www.harianjogja.com/baca/2013/10/03/pemilu-2014-kpu-jogja-buka-penerimaan-calon-relawan-demokrasi-453193" target="_blank">Komisi Pemilihan Umum (PPU) Kota Jogja akan membuka pendaftaran penerimaan calon Relawan Demokrasi yang akan bertugas melakukan sosialisasi pemilu mulai awal pekan depan. Ini persyaratannya :

Syarat relawan demokrasi adalah berusia minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun bagi yang akan mewakili kelompok pemilih pemula, dan calon relawan juga bukan berasal dari partai politik tertentu.

Proses rekrutmen, menurut Anggota Komisioner KPU Kota Jogja, Titok Hariyanto, Kamis (3/10/2013) akan dilakukan hingga 18 Oktober.

"Nanti kami akan melakukan wawancara untuk menetapkan calon relawan demokrasi terpilih," katanya.

Setelah terpilih, relawan demokrasi akan menjalani proses pembekalan dari November hingga Desember dan baru turun ke lapangan untuk membantu proses sosialisasi pemilu mulai Januari 2014 dengan masa kerja selama empat bulan.

"Para relawan demokrasi yang terpilih diharapkan bisa masuk ke berbagai kegiatan di masyarakat untuk ikut melakukan sosialisasi pemilu," katanya.

Titok mengatakan, salah satu tujuan dibentuknya relawan demokrasi adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2014.