Mahasiswa UNY Bikin Minuman dan Nugget Sehat Dari Ampas Tahu

04 Oktober 2013 11:26 WIB Mediani Dyah Natalia Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Berupaya mengoptimalkan produksi kedelai, tiga mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan minuman dan nugget sehat dari ampas tahu.

Tiga mahasiswa program studi (prodi) Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNY, Afif Luthfi, Darmia Kurniasih dan Dewi Adawiyah berinovasi dengan menambahkan cairan dari ekstrak laut atau nigarin pada ampas tahu.

Cairan yang mengandung 80 jenis mineral seperti magnesium, kalium, zinc, kalsium, natrium,yodium, selenium dan cesium ini dapat menghasilkan tahu yang kaya vitamin B-12 dan isoflavon yang lebih tinggi dibandingkan dengan tahu selama ini.

Limbah tahu, imbuhnya, selama ini tidak termanfaatkan. Adapun, ampas ini mengandung kalori sebesar 414 kal, protein 26,6 gr, lemak 18,3 gr, karbohidrat 41,3 gr, kalsium 19 mg, fosfor 29 mg, besi 4,0 mg, vitamin B 0,20 mg dan air 9,0 gr.

“Kami juga menambahkan nigarin ke dalam ampas sehingga limbah ini tidak perlu dibuang. Karena limbah cair tahu ini dapat langsung diminum,” kata Afif di kampus setempat belum lama ini.

Gadis ini menyampaikan proses minuman tahu ini relatif mudah. Perajin cukup mengumpulkan air tahu yang tersisa dan dicampur dengan jahe, serai, gula jawa dan daun pandan.

Penambahan rempah-rempah tradisional ini dapat menjadi minuman alternatif yang menghangatkan dan menyegarkan tubuh.

Agar limbah yang kaya gizi tersebut dapat termanfaatkan secara maksimal, ketiga mahasiswa ini berkreasi dengan menciptakan nugget tahu. Olahan ini diharapkan dapat menjadi lauk alternatif yang sehat dan terjangkau bagi masyarakat.

“Selama ini masyarakat menganggap nugget sebagai makanan mewah. Dengan produk ini, diharapkan masyarakat dapat menikmati nugget dengan harga yang relatif terjangkau,” tambah Dewi.

Pengolahan nugget, ujar dia, sama dengan pembuatan nugget selama ini. Agar semakin padat dan kaya kandungan kedelai, perajin dapat menambahkan sisa tahu ke dalam cairan limbah tersebut. Begitu selesai diolah, nugget ini dapat segera disantap dengan cara digoreng.

Kandungan gizi yang tinggi dari ampas tahu ini aman dikonsumsi oleh masyarakat awam maupun pasien kanker, diabetes mellitus (DM), gagal ginjal, penyakit kardiovaskuler, katarak maupun serta penuaan dini.