Ingin Beli Hewan Kurban, Ratusan Seniman Melukis Bersama

14 Oktober 2013 13:30 WIB Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Ratusan seniman dari berbagai kota di Indonesia berkumpul di Jl. Kaliurang Km 17, Desa Padukan, Kecamatan Pakem, Minggu (13/10/2013). Mereka menggelar acara melukis bersama. Hasil lukisan itu lantas dijual dan hasilnya untuk membeli hewan kurban.

Puluhan kambing berjajar rapi di sebuah kandang yang berada di sekitar permukiman warga Desa Padukan. Tidak jauh dari jajaran kambing itu, sejumlah seniman berpencar. Dengan penuh konsentrasi, mereka mengamati betul gerak-gerik kambing, kemudian merekamnya di kanvas. Inilah yang terlihat saat ratusan seniman menggelar acara melukis bersama.

Puluhan kambing yang menjadi objek lukisan merupakan kambing dagangan milik seorang pedagang. Para seniman melukis kambing kurban, sekaligus berharap lukisan itu dapat terjual dan hasil penjualannya bisa digunakan untuk membeli hewan kurban.

“Kami mengarahkan kepada para pelukis agar lukisan yang dibuat ini jika terjual keuntungannya bisa dibuat untuk membeli hewan kurban. Karena beberapa seniman di sini kebetulan belum membeli hewan kurban,” kata Godod Sutedjo, ketua acara melukis bersama saat ditemui Harian Jogja di sela-sela acara, Minggu siang.

Kegiatan ini diikuti sekitar 100 seniman dari berbagai kota seperti Jogja, Jakarta, Solo, Bali, Banyumas dan dari beberapa kota lainnya. Beberapa pelukis kondang Jogja tampak hadir seperti Kartika Affandi [putri pelukis terkemuka Affandi], Titik Sidin [Putri Tino Sidin], Joko Sarjono, Herjoko dan masih banyak lagi.

“Kami kami mengundang juga kolektor dan pengusaha agar mereka bisa membeli lukisan itu langsung dari tangan seniman sehingga mereka [seniman] bisa langsung dapat uang,” beber Godod.