PEMILU 2014 : DPT Kabupaten/Kota di DIY Dianggap Tak Bermasalah

15 Oktober 2013 20:20 WIB Redaksi Solopos Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan daftar pemilih tetap yang telah ditetapkan di kabupaten/kota di daerah setempat tidak memiliki masalah sehingga tidak membutuhkan pencermatan ulang.

"Sejauh ini sudah tidak ada laporan daftar ganda atau persoalan lainnya. Mudah-mudahan ini memang sudah clear," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DIY, Nur Huri Mustofa di kantornya, Senin (14/10/2013).

Menurut dia selain tidak lagi ditemukan persoalan administratif dan nonadministratif seperti data ganda dalam DPT kabupaten/kota, sesuai ketentuan KPU pusat, KPU provinsi tidak perlu meninjau ulang kembali.

"Sesuai yang diperintahkan KPU RI kami diminta mencermati lagi terkait akurasi nomor induk kependudukan (NIK), serta indikasi ganda. Setelah saat ini ditetapkan ulang maka tidak perlu dicermati lagi," katanya.

Sementara itu, menurut dia, apabila tetap ditemukan persoalan administratif, perbaikan akan dimungkinkan dilakukan di tingkat provinsi.

"Kalau memang persoalan administratif saja yang muncul seperti NIK, atau penulisan nama dan tanggal lahir dapat diperbaiki di KPU provinsi,"katanya.