PILKADES SERENTAK DI SLEMAN : Kapolsek Wajib Sambangi Calon Kades

15 Oktober 2013 16:46 WIB Redaksi Solopos Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Polres Sleman mewajibkan seluruh kapolsek menyambangi bakal calon kepala desa guna mengantisipasi kemungkinan munculnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di wilayah setempat.

"Semua Kapolsek yang di wilayahnya menyelenggarakan pilkades wajib untuk menyambangi rumah bakal calon yang ada di wilayahnya," kata Kapolres Sleman AKBP Ikhsan Amin, Selasa (15/10/2013).

Menurut dia, kegiatan sambang perlu dilakukan sebagai bentuk antisipasi timbulnya masalah selama proses pilkades digelar.

Ia mengatakan segala potensi gangguan bisa terjadi pada pelaksanaan pilkades, terlebih pada daerah yang dipetakan cukup memiliki tingkat kerawanan dan jumlah calon banyak.

"Upaya-upaya antisipasi dilakukan kepolisian sejak dini guna kesuksesan pelaksanaan pesta demokrasi tingkat desa ini. Segala kemungkinan bisa terjadi, karena ada yang satu desa satu calon, ada yang tujuh ada juga yang dua calon namun bersaudara," katanya.

Pelaksanaan Pilkades Kabupaten Sleman akan digelar selama enam hari dalam dua bulan dari total 33 desa yang menyelenggarakan, pada Kamis (17/10) diikuti enam desa, Sabtu (19/10) diikuti tiga desa. Kemudian pada Minggu (20/10) paling banyak akan diikuti 21 desa di Sleman. Sedangkan Senin (21/10), Rabu (23/10) dan Minggu (10/11) masing-masing diikuti hanya satu desa.